China Ancam AS Akan Tanggung Konsekuensi Jika Ketua DPR ke Taiwan!

ADVERTISEMENT

China Ancam AS Akan Tanggung Konsekuensi Jika Ketua DPR ke Taiwan!

Rita Uli Hutapea, Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 27 Jul 2022 16:12 WIB
U.S. House Speaker Nancy Pelosi (D-CA) holds her weekly news conference with reporters on Capitol Hill in Washington, U.S., July 14, 2022. REUTERS/Elizabeth Frantz
Ketua DPR AS Nancy Pelosi (Foto: REUTERS/Elizabeth Frantz)
Jakarta -

Pemerintah China melontarkan ancaman pada Amerika Serikat. Beijing mengingatkan bahwa Washington akan "menanggung konsekuensi" jika Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi jadi berkunjung ke Taiwan, di tengah ketegangan yang meningkat antara kedua negara.

"Kami dengan tegas menentang kunjungan Ketua Pelosi ke Taiwan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada konferensi pers reguler seperti dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (27/7/2022).

"Jika AS meneruskan itu (rencana kunjungan Pelosi) dan menantang garis dasar China ... pihak AS akan menanggung semua konsekuensi yang timbul dari itu," tambahnya.

Taiwan yang demokratis, hidup di bawah ancaman akan diserang oleh China, yang memandang pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai bagian dari wilayahnya, yang bisa direbut secara paksa jika perlu.

Kemungkinan kunjungan oleh Nancy Pelosi - yang belum dikonfirmasi oleh politis senior Partai Demokrat itu - telah menimbulkan kekhawatiran dalam pemerintahan Presiden Joe Biden, yang khawatir kunjungan itu dapat melewati batas untuk China.

Pekan lalu, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa militer AS menganggap kunjungan Pelosi ke Taiwan bukan hal yang baik untuk saat ini.

Sebelumnya, Pelosi mengatakan kepada wartawan bahwa "penting bagi kami untuk menunjukkan dukungan untuk Taiwan," sementara dia menyangkal Kongres mendorong kemerdekaan untuk pulau itu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT