ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 27 Jul 2022 17:32 WIB
Laut China Selatan diketahui merupakan salah satu wilayah yang paling diperebutkan di dunia. Di kawasan itu, terdapat pulau buatan yang dikuasai China.
pulau buatan China di Laut China Selatan (Foto: AP Photo/Aaron Favila)
Jakarta -

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menuduh China semakin meningkatkan 'provokasi' terhadap negara-negara lainnya yang terlibat sengketa di Laut China Selatan. AS mengingatkan bahwa 'perilaku agresif dan tidak bertanggung jawab' China itu berarti hanya masalah waktu sebelum terjadi insiden besar.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (27/7/2022), hal itu disampaikan oleh Deputi Wakil Menteri untuk Asia Timur Departemen Luar Negeri AS, Jung Pak, saat berbicara dalam forum think tank AS.

Dia mengatakan bahwa ada 'tren yang jelas dan meningkat untuk provokasi RRC (Republik Rakyat China-red) terhadap para pengklaim Laut China Selatan dan negara-negara lainnya yang beroperasi secara sah di kawasan tersebut'.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (27/7/2022):

- Singapura Izinkan Eks Presiden Sri Lanka Tinggal hingga Agustus

Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa bisa tinggal lebih lama di Singapura, usai kabur dari negaranya. Otoritas Singapura baru saja mengabulkan perpanjangan izin tinggal Rajapaksa untuk 14 hari, yang berarti dia boleh tetap di negara itu hingga Agustus.

Laporan media terkemuka Singapura, Straits Times, Rabu (27/7/2022), menyebut izin kunjungan jangka pendek yang diterbitkan ketika Rajapaksa tiba di Singapura dalam kunjungan pribadi dua pekan lalu, telah diperpanjang untuk 14 hari lagi.

Perkembangan ini terjadi ketika juru bicara kabinet pemerintahan baru Sri Lanka, Bandula Gunawardena, menuturkan kepada wartawan setempat pada Selasa (26/7) waktu setempat bahwa Rajapaksa diharapkan akan pulang ke negaranya.

Namun ditambahkan Gunawardena bahwa dirinya tidak mengetahui secara pasti kapan Rajapaksa akan pulang, namun menekankan sang mantan presiden itu tidak bersembunyi dan tidak mengasingkan diri.

- Perkosa PRT Indonesia, Politisi Malaysia Dibui 13 Tahun

Pengadilan Tinggi Ipoh, Malaysia menjatuhkan hukuman penjara 13 tahun dan dua cambukan pada mantan anggota Dewan Eksekutif Perak, Paul Yong karena memperkosa seorang pembantu rumah tangga (PRT) Indonesia, tiga tahun lalu.

Dilansir dari media Malaysia, The Star, Rabu (27/7/2022), dalam menyampaikan putusannya, Hakim Abdul Wahab Mohamed menyatakan politisi berusia 52 tahun itu bersalah atas kejahatan tersebut setelah mempertimbangkan semua bukti yang diajukan.

"Sebagai majikan, Anda harus melindunginya, terutama ketika dia berasal dari negara lain, dan tidak bertindak sesuai keinginan Anda," ujar hakim.

"Pengadilan mempertimbangkan kepentingan umum dari kasus ini, dan pelajaran tidak hanya bagi terdakwa, tetapi juga bagi mereka yang berniat untuk melakukan kejahatan serupa," imbuhnya.

- Cerita WNI di Filipina Saat Detik-detik Gempa M 7,1

Gempa Filipina terjadi pagi ini dengan magnitudo M 7,1, tepatnya di Pulau Luzon yang merupakan pulau terbesar di negara itu. Gempa itu terasa kuat di sejumlah kota.

Seorang WNI yang berada di Filipina menceritakan detik-detik gempa kuat tersebut. WNI bernama Ireng itu berada di Muntinlupa, kota di Metro Manila. Lokasinya kira-kira 72 km dari pusat gempa yaitu 11 km sebelah timur-tenggara kota Dolores. Pusat gempa disebut berada di kedalaman 10 km.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT