ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 26 Jul 2022 17:49 WIB
Pope Francis dons a headdress during a visit with Indigenous peoples at Maskwaci, the former Ermineskin Residential School, Monday, July 25, 2022, in Maskwacis, Alberta. Pope Francis traveled to Canada to apologize to Indigenous peoples for the abuses committed by Catholic missionaries in the countrys notorious residential schools. (AP Photo/Eric Gay)
Paus Fransiskus berkunjung ke Kanada (Foto: AP/Eric Gay)
Jakarta -

Paus Fransiskus meminta maaf kepada penduduk asli Kanada atas peran Gereja Katolik di sekolah-sekolah di mana anak-anak pribumi telah disiksa dan dilecehkan. Paus menyebut asimilasi budaya paksa mereka sebagai "kejahatan yang tercela" dan "kesalahan yang membawa bencana".

Dilansir dari kantor berita Reuters, Selasa (26/7/2022), berbicara di dekat lokasi dua bekas sekolah di Maskwacis, Alberta, Paus Fransiskus meminta maaf atas dukungan Kristen terhadap "mentalitas penjajahan" pada masa itu dan menyerukan penyelidikan "serius" terhadap sekolah-sekolah tersebut untuk membantu pemulihan para penyintas dan keturunannya.

"Dengan rasa malu dan tanpa ragu, saya dengan rendah hati memohon pengampunan atas kejahatan yang dilakukan oleh begitu banyak orang Kristen terhadap masyarakat adat," kata Paus Fransiskus, yang datang dan pergi dengan kursi roda karena lututnya retak.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (26/7/2022):

- Airbus A320 Mendarat Darurat Gegara Kerusakan Mesin!

Maskapai penerbangan Kolombia, Avianca, yang terbang dari kota Medellin ke Bogota, ibu kota Kolombia, melakukan pendaratan darurat di bandara tujuan karena kerusakan mesin. Pesawat tersebut merupakan pesawat Airbus A320.

"Airbus 320 milik Avianca melakukan pendaratan darurat di bandara El Dorado pada hari Senin dan menyelesaikan rutenya dari Medellin ... Salah satu mesin pada Penerbangan 9351 gagal sesaat sebelum tiba di ibu kota," demikian dilaporkan media lokal Semana seperti dilansir dari RIA Novosti, Selasa (26/7/2022).

Menurut saksi mata yang dikutip oleh media tersebut, di tengah penerbangan mereka mendengar suara gemuruh dari salah satu mesin. Suara itu terus terdengar hingga pesawat mendarat darurat.

- Pengakuan Saksi Kasus Korupsi: Mahathir Terima Donasi Politik Rp 8,7 M!

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad disebut pernah menerima donasi politik sebesar 2,6 juta Ringgit (Rp 8,7 miliar) dari perusahaan yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi yang menyeret mantan Wakil PM Malaysia Ahmad Zahid Hamidi.

Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (26/7/2022), tudingan untuk Mahathir itu disampaikan oleh seorang saksi kunci dalam sidang kasus Ahmad Zahid, yang juga menjabat Presiden Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) -- partai terkemuka yang pernah berkuasa lama di Malaysia.

Donasi politik yang diterima Mahathir itu disebut berasal dari Ultra Kirana Sdn Bhd (UKSB), sebuah perusahaan lokal yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi Ahmad Zahid.

Dalam kasusnya, Ahmad Zahid menghadapi 33 dakwaan menerima suap total sebesar 42 juta Ringgit dari UKSB sebagai dorongan untuk memperpanjang kontrak perusahaan tersebut sebagai operator layanan One Stop Centre (OSC) di China dan sistem visa asing (VLN) untuk Kementerian Dalam Negeri.

- Krisis Obat-Bahan Bakar, Rumah Sakit di Sri Lanka Kosong!

Seluruh bangsal di rumah sakit terbesar di Sri Lanka tampak gelap dan nyaris kosong, dengan sedikit pasien yang tersisa tidak dirawat dan masih kesakitan. Para dokter dan perawat tidak bisa datang ke rumah sakit untuk menjalankan tugas mereka karena kurangnya bahan bakar untuk transportasi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT