ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Jul 2022 17:20 WIB
A still image from surveillance footage shows a person who police believe to be Robert (Bob) E. Crimo III, a person of interest in the mass shooting that took place at a Fourth of July parade route in the Chicago suburb of Highland Park, Illinois, U.S. dressed in womens clothing on July 4, 2022. Highland Park Police Department/Handout via Reuters
pelaku penembakan berdandan jadi wanita (Foto: Highland Park Police Department/Handout via Reuters)

Karier politiknya mulai tahun 2020-2021 sebagai Wakil Menteri Negara dalam Departemen Kesehatan Inggris -- atau disebut juga sebagai Menteri untuk Vaksin. Diketahui bahwa Zahawi sempat ditunjuk menjadi Menteri yang mengurusi vaksin virus Corona (COVID-19) tahun 2020 lalu. Johnson kemudian mempromosikannya menjadi Menteri Pendidikan tahun 2021 lalu.

Zahawi yang kelahiran Baghdad di Irak ini merupakan anak dari pasangan orang tua Kurdi Irak. Dia tiba di Inggris sejak umur 9 tahun dan saat itu sama sekali tidak bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Dia dan orangtuanya terpaksa meninggalkan Irak dan Zahawi tumbuh di Inggris. Selama ini, Zahawi kerap berbicara soal berbagai prasangka yang dihadapi sebagai keturunan Irak yang tinggal di Inggris.

- Menlu Rusia Serukan Upaya untuk Lindungi Hukum Internasional

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov pada hari Rabu (6/7) meminta semua pihak di dunia melakukan upaya untuk melindungi hukum internasional karena "dunia berkembang dengan cara yang rumit".

Lavrov berbicara melalui penerjemah pada pertemuan dengan Menlu Vietnam Bui Thanh Son di Hanoi.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Rabu (6/7/2022), hal itu disampaikan Lavrov saat Rusia dituduh oleh negara-negara Barat melanggar hukum internasional melalui invasinya ke Ukraina. Para pemimpin Uni Eropa telah mendesak Moskow untuk mematuhi perintah pengadilan internasional yang meminta Rusia untuk mundur dari Ukraina.

- 2 Menteri Mundur Serentak, PM Inggris Diselidiki Parlemen

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson menghadapi penyelidikan parlemen usai pemerintahannya diguncang pengunduran diri dua menteri senior sekaligus. Menteri Keuangan (Menkeu) Rishi Sunak dan Menteri Kesehatan (Menkes) Sajid Javid sama-sama mengundurkan diri untuk memprotes kepemimpinan Johnson.

Seperti dilansir AFP, Rabu (6/7/2022), baik Sunak maupun Javid mengumumkan pengunduran diri mereka pada Selasa (5/7) malam waktu setempat. Dalam pernyataan mereka, keduanya mengatakan tidak bisa lagi mentolerir budaya skandal yang menyelimuti Johnson selama berbulan-bulan ini.

Johnson telah menunjuk Nadhim Zahawi, yang sebelumnya menjabat Menteri Pendidikan, sebagai Menkeu baru menggantikan Sunak.

Sunak dan Javid masih menjadi anggota parlemen Inggris dan kini akan duduk di bangku belakang Partai Konservatif dalam sesi mingguan untuk Pertanyaan Perdana Menteri di House of Commons atau Majelis Rendah Inggris yang digelar pukul 11.000 GMT.


(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT