ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Jun 2022 17:46 WIB
Warga India dan Pakistan gelar aksi protes atas komentar Nupur Sharma yang hina Nabi Muhammad SAW. Mereka teriakkan slogan anti-India dan injak poster Nupur Sharma.
Protes Warga India-Pakistan Usai Jubir Partai PM Modi Hina Nabi Muhammad (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Kepolisian India menangkap dua pria yang diduga melakukan pemenggalan terhadap seorang pria lainnya yang penganut Hindu. Aksi pemenggalan mengerikan itu direkam dengan kamera dan videonya diunggah secara online.

Seperti dilansir AFP, Rabu (29/6/2022), korban yang dipenggal berprofesi sebagai seorang penjahit. Dia diketahui pernah menyampaikan dukungan secara online kepada politikus Partai Bharatiya Janata (BJP) Nupur Sharma yang melontarkan ucapan menghina Nabi Muhammad dan memicu protes global.

Otoritas kota Udaipur, India bagian barat, memutus akses ke internet di wilayahnya dan membatasi pertemuan setelah video pemenggalan mengerikan itu diunggah secara online hingga ditonton banyak orang.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (29/6/2022):

- Puluhan Orang Masih Hilang Usai Serangan Rudal Rusia ke Mal Ukraina

Puluhan orang masih hilang setelah serangan rudal Rusia di sebuah pusat perbelanjaan di Kremenchuk, Ukraina, dua hari lalu yang menewaskan sedikitnya 18 orang.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia telah dengan sengaja membunuh warga sipil ketika menggempur mal di Kremenchuk.

"Rudal Rusia mengenai lokasi ini dengan tepat. Dengan sengaja ... Jelas bahwa pembunuh Rusia menerima koordinat yang tepat itu," kata Zelensky dalam pidato video seperti diberitakan kantor berita Reuters dan Channel News Asia, Rabu (29/6/2022).

"Mereka ingin membunuh sebanyak mungkin orang," imbuh pemimpin Ukraina itu.

- Rusia Jadi Ancaman Bagi NATO, China Disorot!

Pertemuan para pemimpin aliansi militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang berlangsung di Madrid, Spanyol pada Rabu (29/6) akan menyatakan Rusia sebagai ancaman bagi keamanan mereka. Hal ini disampaikan kepala NATO Jens Stoltenberg saat mereka merombak pertahanan aliansi tersebut sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

"Kami akan menyatakan dengan jelas bahwa Rusia merupakan ancaman langsung terhadap keamanan kami," kata Sekjen NATO tersebut menjelang pembukaan KTT NATO.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (29/6/2022), Stoltenberg mengatakan pertemuan di Madrid tersebut akan menjadi "bersejarah dan transformatif" bagi aliansi berusia tujuh dasawarsa itu saat bergulat dengan dampak dari invasi Moskow ke Ukraina.

"Kami bertemu di tengah krisis keamanan paling serius yang kami hadapi sejak Perang Dunia Kedua," ujar mantan Perdana Menteri Norwegia itu.

- Main-main dengan Pistol Ayah, Bocah 8 Tahun Tembak Mati Bayi!

Peristiwa tragis akibat kelalaian orangtua terjadi di Florida, Amerika Serikat. Seorang bocah laki-laki berusia delapan tahun menembak mati seorang bayi perempuan dan melukai satu anak lainnya yang masih balita saat dia bermain-main dengan senjata ayahnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT