ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 17:44 WIB
Russian Prime Minister Vladimir Putin is pictured with a horse during his vacation outside the town of Kyzyl in Southern Siberia on August 3, 2009.  AFP PHOTO / RIA-NOVOSTI / ALEXEY DRUZHININ (Photo by ALEXEY DRUZHININ / RIA NOVOSTI / AFP) (Photo by ALEXEY DRUZHININ/RIA NOVOSTI/AFP via Getty Images)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Alexey Druzhinin/Ria Novosti/AFP via Getty Images)
Jakarta -

Para pemimpin negara ekonomi maju G7 mengolok-olok citra 'macho' Presiden Rusia Vladimir Putin. Olok-olok itu disampaikan para pemimpin negara itu di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman.

Dikutip dari Reuters, Senin (27/6/2022), olok-olok itu terjadi saat para pemimpin negara duduk untuk pertama kalinya di KTT G7 yang digelar Pegunungan Alpen Bavaria, yang saat itu dalam kondisi terik. Olok-olok ke Putin itu bermula saat Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bertanya apakah jaket mereka harus dilepas atau bahkan mereka harus melepas baju mereka.

"Kita harus menunjukkan bahwa kita lebih tangguh dari Putin," kata Johnson yang disambut tawa beberapa koleganya.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (27/6/2022):

- Kembang Api Dikira Tembakan, Peserta Parade LGBT di AS Berlarian Panik

Parade Pride komunitas LGBT yang digelar di kota New York, Amerika Serikat (AS), pada akhir pekan diwarnai insiden. Ratusan orang yang mengikuti parade itu berlarian dalam keadaan panik setelah suara kembang api keliru dikira sebagai suara tembakan.

Seperti dilansir AFP, Senin (27/6/2022), insiden itu memicu desak-desakan di antara ratusan orang, dari total puluhan ribu orang yang mengikuti parade Pride itu. Beberapa bahkan berlarian menyelamatkan diri karena panik.

Kepolisian New York atau NYPD dalam pernyataannya lantas memastikan sama sekali tidak penembakan di lokasi parade tersebut.

"TIDAK ada tembakan yang dilepaskan di Washington Square Park. Setelah penyelidikan, ditetapkan bahwa suara itu merupakan kembang api yang dinyalakan di lokasi," demikian pernyataan NYPD via Twitter pada Minggu (26/6) waktu setempat, sesaat usai insiden itu.

- Rusia Ngegas, Tembakkan 62 Rudal ke Ukraina dalam 24 Jam!

Rusia semakin meningkatkan serangan rudal ke Ukraina saat pemimpin negara-negara G6 berkumpul di Eropa membahas sanksi lanjutan untuk Moskow. Presiden Volodymyr Zelensky melaporkan puluhan rudal ditembakkan oleh pasukan Rusia ke wilayah Ukraina dalam 24 jam terakhir, dengan beberapa ditembak jatuh.

Seperti dilansir Reuters, Senin (27/6/2022), rudal-rudal Rusia dilaporkan mengenai sebuah blok apartemen dan sebuah lokasi dekat Taman Kanak-kanak (TK) di ibu kota Kiev pada Minggu (26/6) waktu setempat.

Sedikitnya empat ledakan dilaporkan mengguncang Kiev pada pagi hari, yang merupakan serangan pertama terhadap ibu kota Ukraina dalam beberapa pekan terakhir. Diketahui bahwa tidak ada serangan besar terhadap Kiev sejak awal Juni ini.

"Rusia menyerang Kiev lagi. Rudal-rudal merusak sebuah gedung apartemen dan sebuah Taman Kanak-kanak," tutur kepala administrasi kepresidenan Ukraina, Andriy Yermak.

- Nyaris 400 Orang Sempat Ditahan saat Parade LGBT di Turki

Kepolisian Turki membebaskan nyaris 400 aktivis yang ditahan saat mengikuti parade Pride di Istanbul. Parade yang diselenggarakan komunitas LGBT itu dilarang untuk digelar di negara mayoritas Muslim tersebut.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT