ADVERTISEMENT

Iran Luncurkan Roket ke Luar Angkasa, AS Mengecam

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 13:12 WIB
A picture released by Irans defence ministry shows a Simorgh (Phoenix) rocket ready for launch from an undisclosed desert location - IRANIAN DEFENCE MINISTRY/AFP/File
Ilustrasi -- Peluncuran roket Iran (dok. IRANIAN DEFENCE MINISTRY/AFP/File)
Teheran -

Iran mengklaim baru saja meluncurkan sebuah roket ke luar angkasa. Aktivitas balistik terbaru Iran ini menuai teguran keras dari Amerika Serikat (AS) karena dilakukan menjelang dimulainya kembali perundingan soal kesepakatan nuklir yang buntu antara Teheran dan negara kekuatan dunia.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (27/6/2022), laporan televisi pemerintah Iran pada Minggu (26/6) waktu setempat menyebut Teheran telah meluncurkan roket berbahan bakar solid ke luar angkasa. Namun tidak disebutkan lebih lanjut kapan atau dari mana roket itu diluncurkan.

Pengumuman televisi Iran itu disampaikan setelah sejumlah foto citra satelit menunjukkan persiapan di Pusat Luar Angkasa Imam Khomeini di Provinsi Semnan, yang diketahui menjadi lokasi upaya gagal Iran untuk menempatkan satelit di orbit luar angkasa.

Media pemerintah Iran menayangkan rekaman dramatis dari momen peluncuran roket itu yang dilakukan di tengah ketegangan program nuklir Teheran, yang terus melaju di tengah pengawasan internasional yang semakin berkurang.

Iran sebelumnya mengakui pihaknya merencanakan lebih banyak uji coba untuk roket pembawa satelit, yang pertama diluncurkan pada Februari tahun lalu.

Dalam pernyataan lebih lanjut, juru bicara Kementerian Pertahanan Iran, Ahmad Hosseini, menyebut bahwa roket Zuljanah sepanjang 25,5 meter mampu membawa sebuah satelit seberat 220 kilogram, yang akan mengumpulkan data di orbit rendah Bumi dan mempromosikan industri luar angkasa Iran.

Gedung Putih dalam tanggapannya menyatakan pihaknya mengetahui soal pengumuman Iran dan mengkritiknya sebagai langkah yang 'tidak membantu dan memicu destabilisasi'.

In this frame grab from video footage released Sunday, June 26, 2022 by Iran state TV, IRINN, shows an Iranian satellite-carrier rocket, called Screenshot dari tayangan media pemerintah Iran soal peluncuran roket terbaru Teheran Foto: IRINN via AP

Lihat juga video 'Roket NASA Diluncurkan dari Australia':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT