ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 17:12 WIB
FILE - Chinese President Xi Jinping, right, and Russian President Vladimir Putin talk to each other during their meeting in Beijing, China on Feb. 4, 2022. Three weeks ago, on the eve of the Beijing Winter Olympics, the leaders of China and Russia declared that the friendship between their countries
Vladimir Putin dan Xi Jinping (Foto: Alexei Druzhinin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP, File)
Jakarta -

Presiden China Xi Jinping meyakinkan Presiden Rusia Vladimir Putin soal dukungan China pada "kedaulatan dan keamanan" Rusia. Pemerintah Amerika Serikat dengan cepat menanggapi sinis dukungan China tersebut. Washington mengingatkan Beijing bahwa hal itu berisiko berakhir "di sisi sejarah yang salah".

China selama ini telah menolak untuk mengutuk serangan militer besar-besaran Moskow di Ukraina. China juga dituduh memberikan perlindungan diplomatik untuk Rusia dengan mengecam sanksi-sanksi Barat dan penjualan senjata ke Ukraina.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (16/6/2022), media China, CCTV melaporkan bahwa dalam panggilan telepon dengan Putin pada Rabu (15/6) waktu setempat, Xi Jinping mengatakan China "bersedia untuk terus menawarkan dukungan timbal balik (kepada Rusia) pada isu-isu mengenai kepentingan inti dan keprihatinan utama seperti kedaulatan dan keamanan".

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (16/6/2022):

- Rusia Gempur Severodonetsk, 10.000 Warga Sipil Ukraina Terjebak!

Sekitar 10.000 warga sipil terjebak di kota Severodonetsk di Ukraina timur, di mana pertempuran sengit dengan Rusia telah berkecamuk selama berminggu-minggu.

"Dari 100.000 penduduk, sekitar 10.000 masih tersisa," kata Sergiy Gaiday, gubernur wilayah Luhansk dalam postingan di Telegram seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (16/6/2022).

Dia mengatakan bahwa para tentara Ukraina berupaya "menahan musuh sebanyak mungkin."

"Selama hampir empat bulan mereka bermimpi mengendalikan Severodonetsk... dan mereka tidak menghitung korbannya," kata Gaiday.

- Koalisi AS Umumkan Penangkapan Pejabat Senior ISIS di Suriah

Seorang pejabat senior dari kelompok ISIS ditangkap dalam serangan di Suriah pada Kamis (16/6). Penangkapan tersebut diumumkan oleh koalisi pimpinan Amerika Serikat yang memerangi ISIS.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (16/6/2022), koalisi AS mengatakan bahwa pejabat ISIS yang tidak disebutkan namanya itu adalah "fasilitator dan perakit bom berpengalaman" dan salah satu pemimpin tertinggi ISIS di Suriah.

"Misi itu direncanakan dengan cermat untuk meminimalkan risiko kerusakan tambahan, terutama potensi bahaya bagi warga sipil," kata koalisi AS dalam sebuah pernyataan.

"Tidak ada warga sipil yang terluka selama operasi atau kerusakan pada pesawat atau aset koalisi," imbuhnya.

- Slovakia Sumbang 5 Helikopter-Ribuan Roket Grad ke Ukraina

Pemerintah Slovakia telah menyumbangkan satu helikopter Mi-2 dan empat helikopter Mi-17 serta ribuan roket Grad untuk Ukraina. Donasi ini diumumkan Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad di akun Facebook-nya, Kamis (16/6).



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT