ADVERTISEMENT

Macron Cs Kunjungi Ibu Kota Ukraina, Pertama Sejak Invasi Rusia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 15:44 WIB
Presiden Prancis Emannuel Macron kembali dilempar telur. Bukan cuma Macron, para pemimpin negara dan tokoh publik ini juga pernah diserang di depan umum.
Presiden Prancis Emmanuel Macron (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Presiden Prancis Emmanuel Macron tiba di Kiev, ibu kota Ukraina pada Kamis (16/6) ini. Macron tiba bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Perdana Menteri (PM) Italia Mario Draghi untuk kunjungan pertama mereka ke Ukraina sejak invasi Rusia.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (16/6/2022), para pemimpin Eropa tersebut tiba dengan kereta api khusus dari Polandia. Ini adalah perjalanan pertama mereka ke Ukraina sejak invasi Rusia ke negara itu diluncurkan pada 24 Februari lalu.

Macron mengatakan mereka akan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan pergi ke "sebuah lokasi perang di mana pembantaian telah dilakukan."

Sebelumnya, pemimpin Prancis itu telah menyebut dugaan kekejaman Rusia di kota-kota dekat Kiev sebagai "kejahatan perang".

"Ini adalah pesan persatuan Eropa yang ditujukan kepada pria dan wanita Ukraina, dukungan," kata Macron saat turun dari kereta.

Dia mengatakan dia datang "untuk berbicara tentang masa kini dan masa depan mengingat minggu-minggu mendatang, kami tahu, akan sangat sulit." Pemimpin Prancis itu baru saja menyelesaikan kunjungan ke Moldova, salah satu tetangga Ukraina.

Kunjungan itu dilakukan saat pemerintah Ukraina mendorong untuk diberikan status kandidat resmi untuk bergabung dengan Uni Eropa.

Simak video 'Perang Rusia-Ukraina Tunjukkan Efektivitas Drone Tempur':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT