ADVERTISEMENT

International Updates

Nupur Sharma Diancam Dibunuh Usai Hina Nabi, Dibela Politikus Belanda

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Jun 2022 18:01 WIB
This picture taken on September 6, 2008, shows the then student leader Nupur Sharma (C) celebrating her win in students election in New Delhi. - Comments by Bharatiya Janata Party spokeswoman Nupur Sharma last week on May 26, 2022, describing the prophet Mohammeds relationship with his youngest wife have sparked furore among Muslims. (Photo by AFP)
Politikus India, Nupur Sharma, dalam foto tahun 2008 saat dia masih menjadi pemimpin mahasiswa (dok. AFP)
Jakarta -

Politikus India, Nupur Sharma, yang juga mantan juru bicara Partai Bharatiya Janata (BJP) mengaku mendapat ancaman pembunuhan setelah ucapannya soal Nabi Muhammad menuai protes secara luas. Namun di tengah kecaman, Sharma menuai dukungan dari politikus Belanda, Geert Wilders, yang dikenal anti-Islam.

Sharma diketahui telah melaporkan ancaman pembunuhan yang diterimanya ke polisi setempat. Saat ini, polisi India juga sudah melakukan penyelidikan terkait ancaman tersebut.

Sementara Wilders, politikus dan anggota parlemen Belanda kerap memicu kontroversi, secara terang-terangan menyatakan dukungan untuk Sharma di tengah gelombang protes dan kecaman global. Dia juga menyerukan publik India menggelar aksi mendukung Sharma.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (9/6/2022):

- Dituduh Hina Islam dan Al-Quran, Model Terkenal Afghanistan Ditangkap Taliban

Seorang model pria terkenal di Afghanistan bersama tiga rekannya ditangkap oleh Taliban yang kini berkuasa di negara tersebut. Penangkapan itu terkait tuduhan mereka telah menghina Islam dan Al-Quran.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (9/6/2022), Ajmal Haqiqi yang dikenal dengan fashion show yang dilakukannya juga video-video yang diunggah ke YouTube serta acara-acara modeling yang diikutinya, terlihat diborgol dalam video yang diposting oleh badan intelijen Afghanistan baru-baru ini.

Penangkapan itu terjadi setelah sebuah video yang beredar luas dan memicu kontroversi menunjukkan Haqiqi menertawakan rekannya, Ghulam Sakhi, yang tengah membaca ayat-ayat Al-Quran dalam bahasa Arab dengan suara jenaka. Sakhi sendiri dikenal memiliki gangguan bicara yang dia gunakan untuk lelucon.

- Nupur Sharma Ngaku Dapat Ancaman Pembunuhan Usai Hina Nabi

Politikus India dari Partai Bharatiya Janata (BJP), Nupur Sharma, menuai kecaman dari berbagai pihak. Dia mengaku mendapat ancaman pembunuhan usai komentarnya tentang Nabi Muhammad menuai protes dari banyak pihak, terutama umat muslim.

Dilansir AFP, Kamis (9/6/2022), Nupur mengaku telah menerima ancaman pembunuhan setelah penampilannya di televisi. Namun, AFP belum mendapat informasi lebih detail terkait pengakuan Nupur.

Dilihat di media sosialnya, Nupur Sharma juga mengimbau semua orang tidak menyebarkan alamat rumahnya. Dia mengaku mendapat ancaman keamanan bagi keluarganya.

Lihat Video: Gelombang Aksi Unjuk Rasa Merebak Buntut Politisi India Hina Nabi Muhammad

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT