Politikus India Nupur Sharma Cabut Pernyataan yang Dianggap Hina Nabi

ADVERTISEMENT

Politikus India Nupur Sharma Cabut Pernyataan yang Dianggap Hina Nabi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Jun 2022 10:12 WIB
Warga India dan Pakistan gelar aksi protes atas komentar Nupur Sharma yang hina Nabi Muhammad SAW. Mereka teriakkan slogan anti-India dan injak poster Nupur Sharma.
Protes warga India-Pakistan usai jubir Partai BJP yang menaungi PM Narendra Modi menghina Nabi Muhammad (AP Photo)
New Delhi -

Mantan juru bicara Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa di India, Nupur Sharma, mencabut komentarnya dalam perdebatan di televisi yang dinilai menghina Nabi Muhammad SAW. Hal itu dilakukan Sharma usai ucapannya menuai kritik berbagai pihak.

Seperti dilansir Hindustan Times, Kamis (9/6/2022), Sharma yang berusia 37 tahun ini telah dinonaktifkan dalam jabatannya sebagai jubir BJP yang merupakan partai yang menaungi Perdana Menteri (PM) Narendra Modi ini. Pihak BJP juga menegaskan bahwa komentar Sharma bertentangan dengan posisi partai.

Komentar Sharma yang menuai kontroversi itu disampaikan dalam sebuah acara debat di televisi setempat membahas soal Masjid Gyanvapi di Varanasi. Komentar yang disampaikan pada akhir Mei itu menuai kecaman luas di India, bahkan hingga memicu kerusuhan di Kanpur, Uttar Pradesh, pekan lalu.

Menyadari komentarnya menuai reaksi negatif, Sharma menegaskan dirinya mencabut pernyataannya itu. Sharma menyatakan dirinya tidak pernah berniat melukai sentimen agama siapapun.

"Jika kata-kata saya telah menyebabkan ketidaknyamanan atau menyakit perasaan keagamaan siapapun, dengan ini saya mencabut pernyataan saya tanpa syarat," tulis Sharma dalam pernyataannya dengan bahasa Inggris via Twitter pada 5 Juni lalu.

"Tidak pernah menjadi niat saya untuk menyakit perasaan keagamaan siapapun," tegasnya.

Simak Video 'Gelombang Aksi Unjuk Rasa Merebak Buntut Politisi India Hina Nabi Muhammad':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT