International Updates

Korban Terus Berjatuhan Akibat Corona di Korut, AS Uji Senjata Hipersonik

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 17:53 WIB
In this photo provided by the North Korean government, North Korean leader Kim Jong Un, center, visits a pharmacy in Pyongyang, North Korea Sunday, May 15, 2022. Independent journalists were not given access to cover the event depicted in this image distributed by the North Korean government. The content of this image is as provided and cannot be independently verified.   Korean language watermark on image as provided by source reads:
Kim Jong Un meninjau apotek (Foto: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Jakarta -

Korea Utara (Korut) melaporkan enam kematian tambahan akibat "demam", beberapa hari setelah mengumumkan kasus COVID-19 pertamanya.

Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (17/5/2022), media pemerintah KCNA melaporkan bahwa militer tengah mengerahkan pasukannya ke semua apotek di Pyongyang, ibu kota Korut dan mulai memasok obat-obatan.

KCNA juga mengatakan "jumlah kematian mencapai 56 orang" hingga Senin (16/5) malam, dengan lebih dari 1.483.060 kasus demam dan setidaknya 663.910 orang menerima perawatan medis. Tidak disebutkan lebih lanjut oleh otoritas Korut soal berapa banyak orang yang dinyatakan positif Corona.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (17/5/2022):

- Penembakan di Gereja California, Pelakunya Imigran China Benci Taiwan

Seorang imigran China diidentifikasi sebagai pelaku penembakan fatal di sebuah gereja di California, Amerika Serikat (AS), yang menewaskan satu orang dan melukai lima orang lainnya. Penembakan di gereja yang kebanyakan jemaatnya warga Taiwan-Amerika itu dimotivasi oleh kebencian pelaku terhadap Taiwan.

Seperti dilansir AFP, Selasa (17/5/2022), motif penembakan itu diungkap oleh para penyelidik AS, yang mengidentifikasi pelaku sebagai David Chou, seorang warga AS berusia 68 tahun yang berasal dari China.

Disebutkan bahwa pelaku mengunci pintu gereja dengan menggunakan rantai dan lem super, saat puluhan jemaat sedang menikmati jamuan makan usai ibadah pada Minggu (15/5) waktu setempat di gereja yang ada di area Laguna Woods, dekat Los Angeles tersebut.

- Warga Finlandia Ramai-ramai Ikut Latihan Militer, Siap Hadapi Rusia?

Warga Finlandia dari berbagai lapisan masyarakat memilih untuk menghabiskan waktu akhir pekan dengan mengikuti latihan militer di sebuah pulau militer di lepas pantai Helsinki. Partisipasi warga dalam semacam ini meningkat sejak Rusia melancarkan invasi militer ke Ukraina.

Dilaporkan juga bahwa jumlah sukarelawan militer semakin meningkat di tengah persiapan Finlandia untuk bergabung dengan aliansi NATO guna melindungi diri dari Rusia. Demikian seperti dilansir AFP, Selasa (17/5/2022).

Pasukan pertahanan Finlandia hanya memiliki sekitar 13.000 personel yang dipekerjakan, namun negara dengan populasi 5,5 juta jiwa itu tercatat memiliki 900.000 tentara cadangan yang luar biasa dengan kekuatan masa perang mencapai 280.000 tentara.

Finlandia diketahui berbagi perbatasan darat sepanjang 1.300 kilometer dengan Rusia.

- Finlandia-Swedia Akan Gabung NATO, Putin Ingatkan Hal Ini!

Presiden Rusia Vladimir Putin mengingatkan negara-negara Barat bahwa Rusia akan merespons jika NATO mulai memperkuat infrastruktur militer Swedia dan Finlandia. Ini disampaikan Putin setelah kedua negara itu memutuskan untuk bergabung dengan aliansi militer NATO setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Putin sebelumnya telah berulang kali menyebut perluasan aliansi NATO pasca-Uni Soviet ke arah timur menuju perbatasan Rusia sebagai alasan invasi ke Ukraina.