ADVERTISEMENT

PBB: Lebih dari 6 Juta Pengungsi Tinggalkan Ukraina

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 03:11 WIB
Lebih dari 3,7 juta orang telah melarikan diri dari perang Rusia-Ukraina sejauh ini, eksodus terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II.
Ilustrasi pengungsi Ukraina (Foto: AP Photo)
Kiev -

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut lebih dari 6 juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina sejak invasi Rusia pada 24 Februari lalu. Mayoritas pengungsi pergi ke negara tetangga Polandia.

Dilansir AFP, Jumat (13/5/2022), sebanyak 6.029.705 orang telah meninggalkan Ukraina pada 11 Mei. Banyak yang telah pergi ke negara-negara tetangga sebelum melanjutkan perjalanan mereka.

Berdasarkan situs web khusus PBB, Polandia menjadi tuan rumah jumlah terbesar bagi para pengungsi.

Wanita dan anak-anak mewakili 90 persen pengungsi. Sedangkan pria Ukraina berusia 18-60 tahun tidak dapat pergi karena memenuhi syarat untuk dinas militer.

Sementara itu berdasarkan hasil studi oleh Organisasi Internasional untuk Migrasi, 8 juta orang lainnya juga telah mengungsi.

Arus pengungsi harian melintasi perbatasan Ukraina telah menurun drastis sejak pecahnya perang. Pada bulan Maret saja, hampir 3,4 juta orang Ukraina meninggalkan negara mereka. Angka itu turun menjadi sekitar 1,5 juta di bulan April.

Hampir 493.000 warga Ukraina mengungsi ke luar negeri sejak awal Mei. PBB memperkirakan bahwa lebih dari delapan juta orang dapat melarikan diri dari Ukraina tahun ini.

Populasi Ukraina sebelum perang adalah 37 juta, tidak termasuk semenanjung Krimea yang dianeksasi dan dua wilayah separatis di timur yang dikendalikan oleh separatis pro-Rusia.

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT