6 Orang Tewas-11 Luka dalam Ledakan Bom di Sekolah Afghanistan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Apr 2022 16:49 WIB
Taliban fighters stand guard at the main gate of Laghman University in Mihtarlam, Laghman province on February 2, 2022. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
ilustrasi: pasukan Taliban di depan universitas (Foto: AFP/MOHD RASFAN)
Jakarta -

Sedikitnya enam orang tewas dan 11 orang luka-luka akibat dua ledakan bom di sebuah sekolah khusus anak laki-laki di lingkungan Syiah di Kabul, ibu kota Afghanistan.

Juru bicara kepolisian Kabul, Khalid Zadran mengatakan kepada kantor berita AFP, bahwa ledakan-ledakan pada hari Selasa (19/4) di sekolah menengah Abdul Rahim Shahid itu disebabkan oleh alat peledak rakitan. Sedikitnya enam orang tewas dan 11 terluka dalam ledakan itu.

"Ini angka awal. Kami sedang berada di lokasi dan menunggu lebih jelasnya," katanya seperti dilansir dari AFP, Selasa (19/4/2022).

Zadran mengatakan ledakan ketiga terjadi di pusat bahasa Inggris di daerah yang sama, tetapi dia tidak merinci apakah itu disebabkan oleh bahan peledak.

Sebelumnya dalam cuitan di Twitter, Zadran menyebut bahwa tiga ledakan telah mengguncang sekolah itu, yang berada di daerah yang sebagian besar dihuni oleh komunitas Syiah, Hazara dan sebelumnya pernah menjadi sasaran kelompok ISIS.

Menurut saksi mata, ledakan bom terjadi saat para siswa keluar dari kelas pagi mereka di sekolah.

Foto-foto mengerikan yang diposting di jaringan media sosial menunjukkan beberapa mayat tergeletak di gerbang dan halaman sekolah. Foto-foto lain menunjukkan bercak darah, buku-buku yang terbakar, dan tas sekolah berserakan di tempat itu. Pasukan Taliban terlihat mengepung daerah itu.

Serangan terhadap target publik sebagian besar telah berkurang sejak Taliban merebut kekuasaan pada Agustus tahun lalu, tetapi ISIS terus beroperasi di seluruh Afghanistan. Sejauh ini belum ada pihak atau kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan bom itu.

(ita/ita)