Rusia Akui Banyak Tentaranya Tewas di Ukraina, RI Abstain di Voting PBB

ADVERTISEMENT

International Updates

Rusia Akui Banyak Tentaranya Tewas di Ukraina, RI Abstain di Voting PBB

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Apr 2022 17:41 WIB
Chernihiv dikenal sebagai rumah bagi sejumlah situs bersejarah. Namun kawasan itu kini tampak porak poranda terdampak perang Rusia-Ukraina.
kerusakan di Ukraina akibat serangan Rusia (Foto: Reuters)

Pernyataan itu disampaikan Peskov setelah Majelis Umum PBB memvoting untuk menangguhkan Rusia dari Dewan HAM PBB sebagai hukuman atas invasi yang dilancarkan ke Ukraina.

"Dan kami akan terus membela kepentingan kami dengan menggunakan segala cara hukum yang mungkin," tegasnya.

- Jubir Putin Akui Banyak Pasukan Rusia Tewas di Ukraina: Ini Tragedi!

Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui adanya "kehilangan signifikan" pasukan Rusia sejak invasi ke Ukraina dimulai. Meski tidak menyebut jumlah rincinya, dia mengatakan kematian mereka adalah "tragedi".

Hal itu disampaikan Dmitry Peskov, dalam wawancara dengan media Inggris, Sky News, yang menjadi wawancara pertamanya dengan media Barat. Dia juga mengatakan Rusia berharap "operasi ini" akan mencapai tujuannya "dalam beberapa hari mendatang".

Dilansir dari Sky Mews, Jumat (8/4/2022), Peskov mengatakan kepada pewawancara, Mark Austin bahwa "kita hidup di hari-hari kepalsuan dan kebohongan".

Jubir Putin itu juga mengatakan bahwa foto-foto serta citra satelit yang menunjukkan warga sipil yang tewas di jalan-jalan di kota Ukraina adalah "jelas-jelas palsu".

- Indonesia Abstain di Voting PBB soal Penangguhan Rusia dari Dewan HAM

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah melakukan voting untuk menangguhkan keanggotaan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia (HAM). Resolusi tersebut diloloskan setelah menerima suara dukungan dari 93 negara.

Dalam voting yang digelar di Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 negara pada Kamis (7/4) waktu setempat tersebut, 24 negara menentang dan 58 negara memilih abstain.

Menurut situs resmi PBB, Jumat (8/4/2022), Rusia, China, Kuba, Korea Utara, Iran, Suriah, Vietnam, termasuk di antara mereka yang memberikan suara menentang.

Negara-negara yang memilih abstain antara lain Indonesia, India, Brasil, Afrika Selatan, Meksiko, Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Yordania, Qatar, Kuwait, Irak, Pakistan, Singapura, Thailand, Malaysia, dan Kamboja.


(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT