Intelijen Jerman Sadap Pembicaraan Tentara Rusia soal Pembantaian Bucha

ADVERTISEMENT

Intelijen Jerman Sadap Pembicaraan Tentara Rusia soal Pembantaian Bucha

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Apr 2022 15:01 WIB
Journalists take pictures next to a mass grave in Bucha, in the outskirts of Kyiv, Ukraine, Sunday, April 3, 2022. (AP Photo/Rodrigo Abd)
Salah satu lokasi temuan kuburan massal di Bucha, Ukraina, yang berujung tuduhan pembunuhan massal oleh pasukan Rusia (dok. AP/Rodrigo Abd)
Berlin -

Intelijen Jerman menyatakan bahwa penyadapan yang dilakukan terhadap komunikasi radio menunjukkan tentara-tentara Rusia membahas soal penembakan tentara dan warga sipil di Ukraina.

Seperti dilansir CNN, Jumat (8/4/2022), dinas intelijen asing Jerman atau BND mengungkapkan hal itu dalam rapat komisi parlemen pada Rabu (6/4) waktu setempat. Seorang sumber yang memahami rapat itu menyebut penjelasan soal hasil penyadapan komunikasi radio Rusia menjadi topik utama dalam rapat.

Temuan intelijen yang pertama kali dilaporkan oleh media terkemuka Jerman, Der Spiegel, itu disebut melibatkan tentara Rusia dalam pola kejahatan perang yang nyata, meskipun adanya penyangkalan dari Moskow. Yang terbaru, soal tuduhan pembunuhan warga sipil tanpa pandang bulu di Bucha, Ukraina.

Der Spiegel dalam laporannya menyebut bahwa BND menyadap percakapan radio Rusia soal pembunuhan warga sipil di Bucha.

Dilaporkan oleh Der Spiergel bahwa sejumlah percakapan bisa dikaitkan langsung dengan pembunuhan spesifik di Bucha, yang telah didokumentasikan sejak munculnya berita pertama soal dugaan pembantaian warga sipil di kota pinggiran Kiev itu.

Laporan media terkemuka Amerika Serikat (AS), The Washington Post, yang mengutip seorang pejabat intelijen yang enggan disebut namanya, menyebut intelijen Jerman memiliki citra satelit yang menunjukkan keterlibatan tentara Rusia dalam pembunuhan diBucha.

Simak video 'Masih Ditemukan Ratusan Mayat Terbengkalai di Sekitar Bucha':

[Gambas:Video 20detik]

Namun disebutkan juga bahwa transmisi radio belum dikaitkan dengan lokasi dalam citra satelit itu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT