Pentagon: Putin Tak Sepenuhnya Diberi Tahu Kemhan Rusia soal Situasi Ukraina

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 04:00 WIB
Jakarta -

Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin tidak punya informasi penuh soal situasi di Ukraina. Pentagon mengatakan Putin tak diberi tahu sepenuhnya oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia.

"Belum diberi tahu sepenuhnya oleh Kementerian Pertahanannya di setiap kesempatan selama invasi Rusia ke Ukraina," ujar Juru Bicara Pentagon John Kirby seperti dilansir dari CNN, Kamis (31/3/2022).

Kirby menyampaikan hal itu dalam pengarahannya di Pentagon. Namun, Kirby tidak memberi rincian informasi lebih lanjut mengenai klaim tersebut.

Kirby mengakui bahwa AS memang tak memiliki akses informasi sepenuhnya ke Putin. Dia mengatakan AS juga tidak mengetahui setiap percakapan yang Putin lakukan.

Namun, Kirby menyatakan pihaknya setuju dengan laporan pers, di mana Putin belum diberitahu sepenuhnya oleh Kemhan-nya sendiri soal situasi di Ukraina.

Sementara itu, CNN melaporkan seorang pejabat AS meyakini Putin mendapat kesalahan informasi dari penasihatnya tentang seberapa buruk kinerja militer Rusia di Ukraina dan dampak sanksi terhadap ekonomi Rusia.

"Saya telah melihat laporan pers ini dikaitkan dengan seorang pejabat AS, dan kami akan setuju dengan temuan dasar, tetapi kami tidak akan lebih spesifik dari itu," imbuh Kirby.

(drg/drg)