Sweden Coronavirus: Kala Swedia Nyatakan Pandemi Covid Berakhir

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Kamis, 10 Feb 2022 16:37 WIB
Swedia mencabut hampir semua pembatasan terkait COVID-19. Otoritas Swedia menyatakan bahwa pandemi telah berakhir.
Sweden Coronavirus: Kala Swedia Nyatakan Pandemi Covid Berakhir (Foto: Getty Images/loops7)
Jakarta -

Swedia mencabut hampir semua pembatasan terkait COVID-19. Otoritas Swedia menyatakan bahwa pandemi telah berakhir.

"Seperti yang kita tahu pandemi ini, saya akan mengatakan ini sudah berakhir," kata Menteri Kesehatan Swedia, Lena Hallengren.

Pemerintah Swedia yang selama pandemi memilih untuk tidak melakukan lockdown, mengumumkan bakal menghapus pembatasan yang tersisa. Hal ini dilakukan karena vaksin dan varian Omicron yang tidak terlalu parah sudah meredam kasus dan kematian yang parah di Swedia.

Simak informasi mengenai Sweden Coronavirus yang sudah kami rangkum berikut ini.

Sweden Coronavirus: Sejumlah Pembatasan Dihapuskan

Melansir dari AP News, Swedia bergabung dengan negara-negara Eropa lainnya yang mengatakan bakal menghapuskan pembatasan COVID-19. Hal ini disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Swedia, Magdalena Andersson.

"Sudah waktunya untuk membuka Swedia lagi," kata Andersson


Swedia akan mengizinkan orang untuk kembali ke restoran tanpa batasan, berapa banyak orang yang bisa berada di sana, berapa banyak ruang yang harus ada, atau jam buka. Persyaratan sertifikat vaksin dan penggunaan masker di transportasi umum juga akan dihapuskan.

Sweden Coronavirus: Menghentikan Tes COVID-19

Berdasarkan AP News, Swedia telah menghentikan tes COVID-19 dalam skala luas, bahkan di antara orang-orang yang menunjukkan gejala infeksi. Swedia mengakhiri layanan tes COVID-19 keliling, pusat tes COVID-19 drive-in dan tes COVID-19 yang dikirim ke rumah.

Badan Kesehatan Swedia mengatakan, pengujian COVID-19 skala besar terlalu mahal jika dibandingkan dengan manfaatnya. Swedia menghabiskan sekitar 55 juta dolar per minggu untuk pengujian selama lima minggu pertama tahun ini.

Pemerintah Swedia membataskan hanya petugas kesehatan dan dan orang yang rentan terkena COVID-19 yang berhak mendapatkan tes PCR gratis jika menunjukkan gejala. Sedangkan populasi lainnya hanya akan diminta untuk tinggal di rumah jika menunjukkan gejala COVID-19.


Informasi lain terkait Swedan Coronavirus dapat disimak di halaman berikutnya