Swedia Tak Rekomendasikan Vaksin Corona untuk Anak 5-11 Tahun

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 14:02 WIB
Swedia diketahui tak menerapkan lockdown meski negara itu kini tengah berjibaku hadapi Corona. Dilaporkan ada 3.500 kasus positif Corona di negara tersebut.
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di Swedia (dok. AP Photo)
Stockholm -

Otoritas Swedia memutuskan untuk tidak merekomendasikan vaksin virus Corona (COVID-19) bagi anak-anak berusia 5-11 tahun. Alasan yang mendasari keputusan ini adalah manfaat vaksin dinilai tidak lebih besar dari risikonya.

"Dengan pengetahuan yang kita miliki saat ini, dengan risiko rendah untuk penyakit serius bagi anak-anak, kita tidak melihat manfaat yang jelas dengan memvaksinasi mereka," tegas seorang pejabat Badan Kesehatan Publik Swedia, Britta Bjorkholm, dalam konferensi pers seperti dilansir Reuters, Jumat (28/1/2022).

Dia menambahkan bahwa keputusan ini bisa ditinjau kembali jika hasil penelitian berubah atau jika varian baru mengubah pandemi.

Direktur Jenderal Badan Kesehatan Publik Swedia, Karin Tegmark Wisell, seperti dilansir Fox News, menyebut panduan versi terbaru akan dirilis sebelum musim gugur tiba pada tahun ini.

"Vaksinasi umum dari usia 5 tahun juga tidak diharapkan memberikan dampak besar terhadap penyebaran infeksi pada saat ini, baik dalam kelompok anak berusia 5-11 ataupun dalam kelompok lainnya dalam populasi," sebut Wisell dalam pernyataannya.

Pemerintah Swedia telah merekomendasikan vaksin Corona untuk anak-anak usia 12 tahun ke atas sejak Oktober 2021, dan merekomendasikan vaksin untuk anak-anak berisiko tinggi dalam kelompok usia 5-11 tahun.

Swedia melaporkan lebih dari 40.000 kasus Corona pada Rabu (26/1) waktu setempat -- salah satu tambahan kasus harian tertinggi sepanjang pandemi.