Tak Ada Henti Uji Coba Rudal Korut di Bulan Januari

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 22:37 WIB
People watch a TV screen showing a news program reporting about North Koreas missile launch with a file image, at a train station in Seoul, South Korea, Friday, Jan. 14, 2022. North Korea on Friday fired two short-range ballistic missiles in its third weapons launch this month, officials in South Korea said, in an apparent reprisal for fresh sanctions imposed by the Biden administration for its continuing test launches. (AP Photo/Lee Jin-man)
Peluncuran rudal oleh Korut (Foto: AP Photo/Lee Jin-man)
Pyongyang -

Uji coba peluncuran rudal oleh Korea Utara (Korut) terus dilakukan. Korut seolah tak berhenti melakukan uji coba rudal balistik selama bulan Januari.

Rudal balistik pertama di tahun 2022 diluncurkan Korut pada Rabu (5/1/2022). Peluncuran rudal balistik itu dilaporkan Korea Selatan (Korsel) dan Jepang.

Dilansir dari AFP dan Reuters, militer Korsel menyebut Korut menembakkan objek yang 'diduga sebagai rudal balistik' dari daratan menuju ke lautan di sebelah timur Semenanjung Korea pada Rabu (5/1) sekitar pukul 08.10 pagi waktu setempat.

"Intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) sedang menganalisis dengan cermat untuk informasi detail lebih lanjut," demikian pernyataan Kepala Staf Gabungan Korsel.

Hingga Senin (17/1), Korut tercatat telah empat kali meluncurkan rudal balistiknya. Peluncuran rudal balistik itu dilaporkan oleh Penjaga Pantai Jepang.

Militer Korea Selatan turut melaporkan Korut menembakkan 'proyektil tak dikenal' ke arah laut di lepas pantai timurnya.

Uji coba rudal balistik Korut terus dilanjutkan. Peluncuran rudal balistik semakin intens dalam sepekan terakhir.

Dilansir dari Reuters, Selasa (25/1/2022), Korsel melaporkan Korut kembali meluncurkan rudal balistik. Peluncuran ini merupakan yang kelima kali selama Januari.

Pemimpin Korut, Kim Jong-Un, bersumpah akan memperkuat militer dengan teknologi canggih. Sumpah itu disampaikan saat pembicaraan dengan Korsel dan Amerika Serikat (AS) terhenti.

Korut kembali menembakkan dua proyektil diduga rudal balistik pada Kamis (27/1/2022). Dilansir dari AFP, peluncuran ini merupakan yang keenam kali dilakukan Korut selama Januari 2022.

Aktivitas peluncuran rudal balistik ini merupakan yang terbanyak dilakukan Korut dalam satu bulan kalender dalam beberapa dekade. Data itu dikumpulkan oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional - sebuah think tank yang berbasis di Washington, Amerika Serikat.

Pihak Korsel menyatakan ada dua rudal balistik jarak pendek yang terdeteksi ditembakkan dari daerah kota Hamhung menuju Laut Timur sekitar pukul 8 pagi waktu setempat. Rudal itu disebut terbang hingga 190 Km dengan ketinggian 20 Km.

Peluncuran Tak Berhenti

Korut mengonfirmasi telah menguji coba sebuah rudal jelajah jarak jauh dan sebuah hulu ledak dari rudal taktis pekan ini. Pemimpin Korut, Kim Jong-Un, tidak menghadiri langsung peluncuran itu, namun dia mengunjungi pabrik amunisi yang memproduksi 'sistem persenjataan utama'.

Dilansir dari Reuters, Jumat (28/1/2022), ketegangan meningkat gara-gara Korut menggelar enam uji coba rudal selama Januari 2022 yang mencatat sebagai peluncuran terbanyak dalam sebulan oleh rezim komunis tersebut. Peluncuran rudal Korut itu memicu kecaman internasional dan sanksi baru dari Amerika Serikat (AS).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.