Belanda Bakal Cabut Sejumlah Aturan COVID-19, Bar-Restoran Boleh Buka

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 02:11 WIB
Kala PM Belanda Mark Rutte Terjerat Mosi Tidak Percaya
Mark Rutte (DW News)
Amsterdam -

Belanda akan mencabut sejumlah pembatasan COVID-19. Perdana Menteri (PM) Belanda, Mark Rutte, mengatakan bar, restoran, dan museum diizinkan untuk buka kembali.

Seperti dilansir AFP, Rabu (26/1/2022), Rutte mengatakan langkah yang berlaku mulai Rabu waktu setempat sebagai tanggapan atas 'ketegangan besar' dengan sektor katering dan budaya atas pembatasan yang diberlakukan beberapa hari sebelum Natal.

"Hari ini kami mengambil langkah besar untuk membuka Belanda lebih jauh," kata Rutte dalam konferensi pers.

"Itu terasa kontradiktif ketika angka kontaminasi melewati batas, dan kami harus jelas bahwa kami mengambil risiko," tambahnya.

Kemarahan memuncak setelah toko-toko Belanda, pusat kebugaran, penata rambut, dan pekerja seks diizinkan untuk melanjutkan bisnis pada 15 Januari, tetapi tempat-tempat lain harus tetap tutup.

Kafe-kafe di beberapa kota dibuka bertentangan dengan pembatasan akhir pekan lalu, sementara puluhan museum bahkan dibuka.

Rutte mengatakan bahwa pemerintah sadar mencari batas dari apa yang mungkin, karena ketegangan besar dan teriakan minta pelonggaran dalam beberapa hari terakhir.

"Belanda merindukanmu," katanya.

Sementara infeksi baru berjalan sekitar 60.000 sehari, didorong oleh varian Omicron, penerimaan perawatan intensif dan kematian telah menurun di Belanda.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak juga Video: Demo Anti Lockdown di Belanda Ricuh, Massa-Petugas Adu Jotos

[Gambas:Video 20detik]