International Updates

Ribuan Warga AS Demo Wajib Vaksin, India Catat 333.000 Kasus Corona Sehari

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 18:49 WIB
Ribuan orang berkumpul di Washington DC, AS, pada Minggu (23/1/2022) waktu setempat. Mereka berkumpul untuk memprotes aturan wajib vaksin di Negeri Paman Sam.
ribuan warga AS gelar demo menolak aturan wajib vaksin COVID-19 (Foto: AP Photo/Patrick Semansky)
Jakarta -

Ribuan orang menggelar unjuk rasa di Washington DC, Amerika Serikat (AS), untuk memprotes aturan wajib vaksin virus Corona (COVID-19). Para demonstran dalam aksinya menyebut aturan wajib vaksin Corona itu sebagai 'tirani' dan mengecam Presiden Joe Biden.

Seperti dilansir AFP, Senin (24/1/2022), satu per satu pembicara menyampaikan orasi mengecam aturan wajib vaksin tersebut di hadapan para demonstran yang berkumpul di depan Lincoln Memorial pada Minggu (23/1) waktu setempat.

Salah satunya Robert F Kennedy Jr yang seorang anti-vaksin, yang membandingkan aturan wajib vaksin dengan Holocaust.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (24/1/2022):

- Cuma Gegara 6 Kasus Corona, China Tes Massal 2 Juta Orang!

Sedikitnya dua juta warga di salah satu distrik Beijing di China akan menjalani tes virus Corona (COVID-19) setelah kemunculan klaster kecil. Situasi ini terjadi kurang dari dua pekan sebelum Olimpiade Musim Dingin digelar di Beijing.

Seperti dilansir AFP, Senin (24/1/2022), jumlah kasus baru yang terdeteksi di China merupakan sebagian kecil dari lonjakan besar yang dilaporkan di negara-negara lainnya, dengan varian Omicron yang sangat menular memicu lonjakan kasus baru.

Namun demikian, sejumlah kecil kasus baru Corona yang terdeteksi di China, termasuk Beijing, telah menguji kebijakan ketat 'nol COVID' yang masih dipegang teguh sejak awal pandemi hingga kini.

- Uni Emirat Arab Cegat 2 Rudal Balistik yang Ditembakkan Houthi

Dua rudal balistik yang ditembakkan oleh kelompok pemberontak Houthi di Yaman berhasil dicegat dan dihancurkan di atas wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Demikian disampaikan Kementerian Pertahanan UEA pada hari Senin (24/1) di tengah meningkatnya ketegangan, seminggu setelah serangan mematikan Houthi di Abu Dhabi.

Dilansir dari kantor berita AFP, Senin (24/1/2022), serpihan rudal jatuh di sekitar Abu Dhabi, di mana tiga orang tewas dalam serangan drone dan rudal yang diklaim oleh Houthi pekan lalu.

"Serangan itu tidak menimbulkan korban, sementara sisa-sisa rudal balistik yang dicegat dan dihancurkan jatuh di daerah terpisah di sekitar Emirat Abu Dhabi," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan UEA.

- Omicron Meroket, India Catat 333.000 Kasus Sehari!

Otoritas India melaporkan lebih dari 333.000 kasus baru virus Corona (COVID-19) dalam sehari terakhir. Sudah empat hari berturut-turut India mencatat lonjakan lebih dari 300.000 kasus Corona setiap hari di wilayahnya, di tengah penyebaran varian Omicron yang sangat menular.

Seperti dilansir Reuters, Senin (24/1/2022), data penghitungan terbaru pemerintah India menyebutkan 333.533 kasus Corona terdeteksi dalam 24 jam terakhir, atau pada Minggu (23/1) waktu setempat.