Ribuan Warga AS Protes Wajib Vaksin COVID-19

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 13:07 WIB
Thousands of people gathered in the center of the US capital on January 23, 2022, to protest against Covid-19 vaccine mandates (Stefani Reynolds/AFP)
Ribuan orang berunjuk rasa menentang aturan wajib vaksin Corona di AS (Stefani Reynolds/AFP)
Washington DC -

Ribuan orang menggelar unjuk rasa di Washington DC, Amerika Serikat (AS), untuk memprotes aturan wajib vaksin virus Corona (COVID-19). Para demonstran dalam aksinya menyebut aturan wajib vaksin Corona itu sebagai 'tirani' dan mengecam Presiden Joe Biden.

Seperti dilansir AFP, Senin (24/1/2022), satu per satu pembicara menyampaikan orasi mengecam aturan wajib vaksin tersebut di hadapan para demonstran yang berkumpul di depan Lincoln Memorial pada Minggu (23/1) waktu setempat.

Salah satunya Robert F Kennedy Jr yang seorang anti-vaksin, yang membandingkan aturan wajib vaksin dengan Holocaust.

Sama seperti pembatasan Corona lainnya yang bertujuan mengendalikan penyebaran virus, aturan wajib vaksin juga telah menjadi isu politik yang sangat terpolarisasi di AS. Sejauh ini lebih dari 70 juta kasus Corona, dengan lebih dari 865.000 kematian, terkonfirmasi di wilayah AS.

"Mandat dan kebebasan tidak bisa bercampur, seperti minyak dan air," sebut salah satu pembicara dalam unjuk rasa tersebut.

Demonstran yang hadir berasal dari berbagai usia, dan kebanyakan tidak memakai masker.

"Saya tidak anti-vaksin, tapi saya anti terhadap vaksin ini," ucap salah satu demonstran bernama Michelle (61), yang seorang terapis fisik dari Virginia.

Simak video 'Rekomendasi Masker Medis Penangkal Omicron Menurut Pakar AS':

[Gambas:Video 20detik]