International Updates

AS Setop 44 Penerbangan ke China, Latihan Perang Iran-Rusia-China Dimulai

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 18:28 WIB
Ilustrasi Penerbangan, ilustrasi pesawat, pesawat terbang, ilutrasi perjalanan, pesawat
ilustrasi (Foto: Getty Images/Maja Hitij)
Jakarta -

Amerika Serikat mengumumkan penangguhan 44 penerbangan pesawat penumpang China dari Amerika ke negeri raksasa Asia itu. Hal ini sebagai tanggapan atas tindakan pembatasan oleh Beijing pada maskapai penerbangan AS di bawah protokol COVID-19.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (22/1/2022), otoritas China mempertahankan kontrol ketat atas entri perbatasan termasuk penerbangan yang dikurangi dan kebijakan "pemutus arus" di mana rute dihentikan jika terlalu banyak kasus infeksi COVID-19 dibawa dalam penerbangan.

Otoritas penerbangan China menggunakan kebijakan tersebut untuk membatalkan penerbangan maskapai American Airlines, Delta dan United ketika para penumpang yang hasil tesnya negatif COVID-19 sebelum lepas landas kemudian dinyatakan positif begitu tiba di China.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (22/1/2022):

- Mahathir Mohamad Kembali Dibawa ke Rumah Sakit Jantung

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad kembali dibawa ke rumah sakit spesialis jantung. Ini merupakan ketiga kalinya Mahathir dilarikan ke rumah sakit dalam waktu beberapa minggu terakhir.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (22/1/2022), seorang juru bicara yang meminta tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa Mahathir kini dirawat di unit perawatan jantung National Heart Institute di Kuala Lumpur. Dia tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kondisi Mahathir.

Para wartawan mendatangi rumah sakit tersebut setelah berita menyebar bahwa Mahathir kembali dirawat, sekitar dua minggu setelah pria berumur 96 tahun itu menjalani prosedur medis di fasilitas yang sama.

- Myanmar Hukum Mati Anggota Partai Aung San Suu Kyi

Pengadilan militer Myanmar menjatuhkan hukuman mati terhadap seorang anggota partai Aung San Suu Kyi karena pelanggaran teror.

Myanmar telah berada dalam kekacauan sejak kudeta militer pada Februari 2021, dengan lebih dari 1.400 orang dilaporkan tewas akibat tindakan keras junta militer Myanmar terhadap para demonstran antikudeta.

Para penentang junta militer - termasuk sekutu partai Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) - telah bersembunyi di seluruh negeri, dan "Angkatan Pertahanan Rakyat" bermunculan di seluruh negeri untuk melawan junta militer.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (22/1/2022), Phyo Zeyar Thaw, seorang anggota NLD yang ditangkap pada November 2021 lalu, dijatuhi hukuman mati pada Jumat (21/1) karena pelanggaran di bawah tindakan antiterorisme, demikian pernyataan junta militer.

- Rekam Wanita Telanjang, Polisi Senior Inggris Dibui 3 Tahun

Seorang perwira senior dari Kepolisian Metropolitan London, Inggris divonis penjara selama tiga tahun setelah tertangkap menggunakan kamera pengintai tersembunyi untuk merekam wanita-wanita telanjang.