Latihan Perang Iran-Rusia-China Dimulai, Apa Tujuannya?

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 10:38 WIB
In this photo taken from a footage released on Sept. 22, 2020 by Russian Defense Ministry Press Service, Paratroopers attend a military exercises at the Ashuluk military base in Southern Russia. Russian Air Defense systems successfully repelled aerial strike during joined military drills in the south of Russia. The drills, expected to be held in Black Sea and Caspian sea waters, will take place until September 26th. Belarus, Armenia, China, Pakistan and Myanmar take part in the exercises.
ilustrasi latihan gabungan Iran, Rusia dan China (Foto: Russian Defense Ministry Press Service via AP)
Jakarta -

Iran, Rusia dan China memulai latihan perang bersama yang melibatkan Angkatan Laut dan Udara mereka di Samudra Hindia.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (22/1/2022), menurut kantor berita resmi Iran, IRNA, latihan perang yang digelar pada Jumat (21/1) tersebut bertujuan untuk melawan pembajakan laut.

Latihan tersebut dilaporkan mensimulasikan penyitaan dua kapal oleh para bajak laut. Juru bicara latihan Iran, Laksamana Mustafa Tajeddini, mengatakan "unit Angkatan Laut dan Udara dari tiga negara membebaskan dua kapal dagang yang dibajak oleh perompak di perairan internasional".

Tajeddini menyatakan bahwa latihan tersebut berlangsung "dalam kerangka kerja sama keamanan dan militer yang serius (antara tiga negara) untuk melawan ancaman yang ada".

Serangan bajak laut di wilayah tersebut umumnya dilakukan oleh para perompak Somalia. Pada awal November 2021 lalu, para perompak Somalia dilaporkan berusaha merebut kapal tanker minyak Iran di Teluk Aden, untuk kedua kalinya dalam dua minggu.

Kantor berita ISNA melaporkan saat itu, sebuah kapal sedang menuju ke selat Bab al-Mandeb di pintu masuk Laut Merah ketika enam perompak di atas beberapa kapal berusaha menaiki kapal tersebut pada 1 November, memicu tembakan peringatan dari Angkatan Laut Iran.

Insiden itu didahului oleh upaya serupa pada 16 Oktober 2021, ketika sebuah kapal perang Iran menangkis serangan bajak laut terhadap dua kapal tanker minyak yang dikawalnya di Teluk Aden.

Simak juga Video: Rusia, Iran, China Latihan Perang di Samudra Hindia

[Gambas:Video 20detik]