Mahathir Mohamad Kembali Dibawa ke Rumah Sakit Jantung

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 16:59 WIB
Jakarta -

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad kembali dibawa ke rumah sakit spesialis jantung. Ini merupakan ketiga kalinya Mahathir dilarikan ke rumah sakit dalam waktu beberapa minggu terakhir.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (22/1/2022), seorang juru bicara yang meminta tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa Mahathir kini dirawat di unit perawatan jantung National Heart Institute di Kuala Lumpur. Dia tidak memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kondisi Mahathir.

Para wartawan mendatangi rumah sakit tersebut setelah berita menyebar bahwa Mahathir kembali dirawat, sekitar dua minggu setelah pria berumur 96 tahun itu menjalani prosedur medis di fasilitas yang sama.

Mahathir juga dirawat di rumah sakit tersebut pada bulan Desember 2021 selama beberapa hari untuk menjalani pemeriksaan.

Mahathir Mohamad memiliki sejumlah masalah jantung selama bertahun-tahun, mengalami beberapa serangan jantung dan telah menjalani operasi bypass.

Mahathir adalah salah satu tokoh politik paling dominan di Malaysia, setelah menjabat dua kali sebagai perdana menteri selama total 24 tahun.

Dia adalah pemimpin Malaysia dari tahun 1981 hingga 2003, kemudian kembali berkuasa pada 2018 pada usia 92 tahun, dengan memimpin koalisi reformis. Namun, pemerintahannya kolaps pada tahun 2020 karena pertikaian politik.

(ita/ita)