Wanti-wanti Biden ke Rusia Jika Invasi Ukraina Benar Terjadi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 06:19 WIB
President Joe Biden speaks during a news conference in the East Room of the White House in Washington, Wednesday, Jan. 19, 2022. (AP Photo/Susan Walsh)
Presiden AS, Joe Biden (Foto: AP Photo/Susan Walsh)

Pernyataan Biden itu disampaikan menjelang pertemuan antara Menteri Luar Negeri (Menlu) AS, Antony Blinken dan Menlu Rusia, Sergei Lavrov, di Jenewa, Swiss, pada Jumat (21/1) besok.

Blinken menggelar pertemuan di Kiev, Ukraina, pada Rabu (19/1) waktu setempat untuk mempersiapkan perundingan di Jenewa. Serta untuk mendorong Rusia untuk memilih 'jalur damai'.

Biden dalam pernyataannya menyebut AS dan sekutu-sekutunya 'siap untuk memberikan dampak besar dan kerugian signifikan terhadap Rusia dan perekonomian Rusia' jika negara itu sungguh-sungguh menyerang Ukraina.

"Jika mereka benar-benar melakukan apa yang mampu mereka lakukan dengan kekuatan yang mereka kumpulkan di perbatasan, itu akan menjadi bencana bagi Rusia," cetus Biden memperingatkan Rusia.

"Konsekuensi menyerang Ukraina dalam hal hilangnya nyawa, bagi Rusia... itu akan sangat berat," imbuhnya.

Dengan lebih dari 100.000 tentara dan peralatan tempur dikerahkan ke dekat perbatasan Ukraina, Rusia mengirimkan pesan bernada peringatan atas ancamannya untuk Ukraina.