Biden Sebut Kamala Harris Akan Jadi Pasangannya Lagi di Pilpres 2024

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 08:05 WIB
President-elect Joe Biden joins Vice President-elect Kamala Harris on stage Saturday, Nov. 7, 2020, in Wilmington, Del. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)
Kamala Harris. (Foto: AP/Andrew Harnik)
Jakarta -

Presiden AS Joe Biden menyatakan Wapres Kamala Harris bersedia kembali maju Pilpres 2024. Jika Biden mencalonkan lagi sebagai Capres, Harris akan digandeng sebagai pasangannya lagi.

"Dia akan menjadi pasangan saya," kata Biden tentang Harris selama konferensi pers yang diadakan untuk menandai tahun pertama kepresidenannya, seperti dikutip dari AFP, Rabu (20/1/2022).

Pada pertengahan Desember, Harris dan Biden belum membahas Pilpres 2024. Terlebih pada saat itu muncul spekulasi kalau Harris tak mungkin mencalonkan diri jika Biden urung maju Pilpres 2024.

Dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal, Biden sempat ditanya kemungkinan maju-tidaknya di Pilpres 2024.

"Saya tidak memikirkannya, kami juga tidak membicarakannya," ucap Biden.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menyatakan mungkin akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden (pilpres) tahun 2024 mendatang jika kesehatannya memungkinkan. Dia bahkan menyebut keinginannya maju capres semakin meningkat jika kembali berhadapan dengan mantan Presiden Donald Trump.

Seperti dilansir CNN, Kamis (23/12/2021), pernyataan itu disampaikan Biden dalam wawancara terbaru dengan media terkemuka AS, ABC News, yang ditayangkan pada Rabu (22/12) waktu setempat.

Dalam wawancara itu, Biden mengiyakan saat ditanya oleh penyiar ABC News, David Muir, soal apakah dia akan maju capres tahun 2024 mendatang, namun jawabannya masih menyisakan ruang untuk menduga-duga.

"Iya. Tapi lihat, saya sangat menghormati takdir -- takdir telah melakukan campur tangan dalam kehidupan saya berkali-kali. Jika saya ada dalam kondisi kesehatan saya seperti sekarang ini -- saya dalam kesehatan yang baik -- maka faktanya saya akan mencalonkan diri lagi," ucap Biden.

Ketika ditanya lebih lanjut oleh Muir, apakah dia siap untuk kembali bertarung melawan Trump dalam pilpres mendatang, Biden menjawab dengan nada bercanda: "Anda berupaya menggoda saya sekarang."

"Tentu. Mengapa tidak saya mencalonkan diri melawan Donald Trump? Dia menjadi kandidat, yang meningkatkan prospek pencalonan," imbuh Biden.

Biden dilaporkan bersikeras maju capres tahun 2024, meskipun dia nanti akan berusia 81 tahun saat pilpres digelar. Biden telah mencatat rekor sebagai sosok tertua dalam sejarah AS yang dilantik menjadi Presiden.

Lihat juga Video: AS Borong Puluhan Juta Pil Pfizer untuk Hadapi Tsunami Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(idn/eva)