Merana Hidup di Korsel Bikin Pembelot Korut Balik ke Negaranya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 05:31 WIB
A visitor uses a smartphone to film the North Koreas Kaepoong from the observatory of the Aegibong Peace Ecopark in Gimpo, South Korea, Tuesday, Oct. 5, 2021. (AP Photo/Lee Jin-man)
Foto ilustrasi: Perbatasan Korsel-Korut (AP/Lee Jin-man)
Jakarta -

Ada seorang warga Korea Utara yang membelot dari negaranya dan menyeberang masuk ke Korea Selatan. Ternyata, hidup di Korsel malah lebih susah. Akhirnya, si pembelot balik lagi ke Korut.

Awalnya, muncul informasi seseorang masuk dari Korsel ke Korut, terjadi pada 1 Januari 2022, malam. Ini adalah kejadian langka di zona demiliterisasi (DMZ). Biasanya, orang dari Korut yang diam-diam masuk ke Korsel, bukan orang dari Korsel yang diam-diam masuk ke Korut.

"Orang itu terdeteksi oleh peralatan pengawasan di Zona Demiliterisasi - yang membagi semenanjung Korea - pada pukul 21:20 waktu setempat pada hari Sabtu," kata Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan pada Minggu (2/1), seperti dilansir kantor berita AFP.

Dilansir Reuters, Senin (3/1/2022), Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS) menyatakan pihaknya telah melancarkan operasi pencarian usai mendeteksi keberadaan seseorang di sisi timur Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea pada Sabtu (1/1) waktu setempat.

"Otoritas setempat menduga orang itu adalah seorang pembelot Korea Utara dan sedang dalam proses memverifikasi fakta-fakta terkait," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Korsel seperti dikutip Yonhap News Agency.

Pada Minggu (2/1) pagi waktu setempat, Korsel mengirimkan pesan kepada Korut melalui hotline militer demi memastikan keselamatan sosok yang menyeberang perbatasan itu, namun Korut tidak merespons.

Selanjutnya, dugaan soal sosok misterius itu:

Simak Video: Warganya Terobos Masuk ke Korut, Korsel Langsung Kirim Surat

[Gambas:Video 20detik]