Tanda Tanya Sosok Misterius dari Korsel Terobos Korea Utara

ADVERTISEMENT

Tanda Tanya Sosok Misterius dari Korsel Terobos Korea Utara

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 20:13 WIB
Visitors stand on a viewing deck at the Imjingak peace park near the Demilitarized zone (DMZ) dividing the two Koreas in Paju on January 1, 2022. (Photo by Jung Yeon-je / AFP)
Tanda Tanya Sosok Misterius dari Korsel Terobos Korea Utara (Foto: AFP/JUNG YEON-JE)
Jakarta -

Seorang warga Korea Selatan yang tak diketahui identitasnya menerobos masuk ke Korea Utara melalui perbatasan. Kejadian ini jarang terjadi di perbatasan zona Demiliterisasi (DMZ) kedua negara.

"Orang itu terdeteksi oleh peralatan pengawasan di Zona Demiliterisasi - yang membagi semenanjung Korea - pada pukul 21:20 waktu setempat pada hari Sabtu," kata Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan pada Minggu (2/1), seperti dilansir kantor berita AFP.

"Kami telah mengkonfirmasi bahwa orang tersebut melintasi perbatasan Garis Demarkasi Militer sekitar pukul 22.40 dan membelot ke Utara," kata JCS.

Sejak perang Korea, lebih dari 30.000 orang Korut mengungsi ke Korsel lantaran penindasan dan kemiskinan yang terjadi. Namun sebaliknya, sangat jarang orang Korsel memasuki wilayah Korut.

Aparat Lakukan Pencarian

Usai sosok misterius dari Korsel terdeteksi, militer Korsel langsung melakukan pencarian. Namun hasilnya nihil.

Hingga saat ini orang tersebut belum teridentifikasi. JCS mengatakan tidak dapat memastikan apakah orang itu masih hidup.

Pihaknya telah memberitahukan peristiwa itu ke Korea Utara melalui hotline militer untuk meminta perlindungan. Namun belum ada tanggapan.

"Tidak ada aktivitas tak biasa yang terdeteksi pada militer Korea Utara," katanya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT