ADVERTISEMENT

Omicron Merajalela, Inggris Catat Rekor 129 Ribu Kasus Sehari

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 11:18 WIB
Seorang wanita memakai masker saat dia bersepeda di Westminster, di London, Kamis, 16 Desember 2021. Inggris mencatat jumlah tertinggi infeksi COVID-19 baru yang dikonfirmasi pada hari Rabu sejak pandemi dimulai, dan kepala petugas medis Inggris memperingatkan situasinya kemungkinan akan bertambah buruk karena varian omicron mendorong gelombang penyakit baru selama liburan Natal. Inggris mencatat 78.610 infeksi baru pada hari Rabu, 16% lebih tinggi dari rekor sebelumnya yang ditetapkan pada Januari. (Foto AP/Alberto Pezzali)
ilustrasi (Foto: AP/Alberto Pezzali)
Jakarta -

Otoritas Inggris melaporkan rekor 129.471 kasus baru COVID-19 pada hari Selasa (28/12) waktu setempat.

Rekor kasus harian ini dilaporkan sehari setelah Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mengatakan dia tidak akan memberlakukan pembatasan baru tahun ini untuk membatasi penyebaran virus Corona varian Omicron yang sangat menular.

Seperti diberitakan Reuters dan Channel News Asia, Rabu (29/12/2021), Johnson mengatakan pada hari Senin (27/12) bahwa dia tidak akan memberlakukan aturan pembatasan baru di Inggris. Namun, para menterinya telah mendesak masyarakat untuk merayakan Tahun Baru dengan hati-hati dan memperingatkan bahwa aturan itu dapat diperketat jika sistem kesehatan berisiko gagal.

Rekor tertinggi infeksi COVID-19 harian Inggris sebelumnya adalah 122.186 kasus pada 24 Desember lalu.

Data pada Selasa (28/12) tersebut tidak termasuk angka untuk Skotlandia dan Irlandia Utara karena perbedaan praktik pelaporan selama liburan Natal. 12.378 kasus yang dilaporkan untuk Wales termasuk data yang biasanya dilaporkan pada hari-hari sebelumnya.

Para menteri Inggris saat ini sedang menunggu lebih banyak bukti tentang bagaimana layanan kesehatan mampu mengatasi tingkat infeksi yang tinggi, setelah data awal pekan lalu menunjukkan bahwa varian Omicron membawa risiko lebih rendah untuk masuk rumah sakit.

Data terbaru menunjukkan jumlah pasien di rumah sakit di Inggris yang mengalami infeksi COVID-19 adalah 9.546 orang. Angka ini naik dari 6.902 pasien minggu lalu, tetapi jauh di bawah level rekor di atas 34.000 pasien yang terlihat pada Januari tahun lalu.

Simak Video 'Omicron Bikin Inggris Alami Lonjakan Kasus Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT