ADVERTISEMENT

Jumlah Kasus Omicron di Indonesia ada 47 Kasus, Ini 3 Faktanya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 10:39 WIB
Jumlah Kasus Omicron di Indonesia ada 47 Kasus, Ini 3 Faktanya
Jumlah Kasus Omicron di Indonesia ada 47 Kasus, Ini 3 Faktanya - ilustrasi (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Jumlah kasus Omicron di Indonesia terus bertambah. Saat ini, total kasus Omicron yang terdeteksi di Indonesia ada 47 kasus.

Simak rangkuman informasi mengenai jumlah kasus Omicron di Indonesia yang terus bertambah berikut ini.

Jumlah kasus Omicron di Indonesia ada 47 Kasus

Sebelumnya diberitakan kasus Omicron di Indonesia ada 46 kasus. Pada Selasa (28/12) Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr. Siti Nadia Tarmidzi mengumumkan adanya satu kasus transmisi lokal varian baru Omicron di Jakarta.

Adanya satu kasus transmisi lokal menambah jumlah kasus konfirmasi positif Omicron di Indonesia. Sebanyak 46 kasus merupakan kasus impor dan 1 kasus transmisi lokal.

"Yang terbaru adalah kasus laki-laki usia 37 tahun yang tidak ada riwayat perjalanan ke luar negeri dalam beberapa bulan terakhir, ataupun kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri," kata dr. Siti Nadia.


Jumlah kasus Omicron di Indonesia ada 47 Kasus, Ini Kronologi 1 Kasus Transmisi Lokal

Dilansir dari situs Sehat Negeriku Kemenkes, diketahui pasien Omicron transmisi lokal ini tinggal di Medan bersama istrinya. Mereka rutin pergi ke Jakarta setiap satu bulan sekali. Pada tanggal 6 Desember 2021 mereka tiba di Jakarta dan tanggal 17 Desember 2021 sempat mengunjungi Mall Astha District 8 SCBD.

Selanjutnya pada tanggal 19 Desember 2021 mereka melakukan pemeriksaan antigen di Rumah Sakit Grand Family, Jakarta untuk syarat kembali ke Medan. Pemeriksaan tersebut menunjukkan hasil positif COVID-19 pada pasien, sementara hasil pemeriksaan antigen istrinya negatif.

Kemudian dilakukan PCR pada tanggal 20 Desember 2021. Setelah dilakukan pemeriksaan di laboratorium GSI (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium) didapatkan konfirmasi Omicron pada tanggal 26 Desember 2021.

Sebagai tindak lanjut, pasien diisolasi di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso (RSPI). dr. Siti Nadia menyebut ini adalah kasus pertama transmisi lokal, sehingga diperlukan pengawasan ketat oleh tenaga medis dan fasilitas lengkap untuk meminimalisir kemungkinan penularan yang terjadi.

Informasi soal jumlah kasus Omicron di Indonesia kini sudah diketahui. Lalu bagaimana kronologi penyebaran varian Omicron di RI? simak di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Epidemiolog Sebut Transmisi Lokal Omicron karena Penularan Komunitas':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT