Mengemuka Pujian Biden Usai Trump Mengaku Disuntik Booster Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 05:04 WIB
Jakarta -

Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengakui dirinya telah menerima suntikan vaksin booster Corona (COVID-19). Meski dikecam beberapa orang, tapi ternyata pengakuan Trump justru mendapat respons positif dari Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Seperti dilansir CNN, Selasa (21/12), pengakuan Trump menerima vaksin booster Corona awalnya terungkap dalam sebuah video dari acara tertutup yang digelar pada Minggu (19/12) waktu setempat, yang dibagikan ke media sosial. Acara itu merupakan bagian dari tur politik Trump dengan mantan penyiar berita Fox News, Bill O'Reily.

Trump secara mengejutkan mengakui mendapatkan booster padahal sebelumnya diketahui jarang membahas soal vaksinasi yang diterimanya. Dia bahkan kerap menolak untuk mendorong orang lain, terutama para pendukungnya untuk vaksinasi.

Dalam video yang diposting via Twitter oleh akun milik acaranya berjudul 'No Spin News', O'Reilly mengatakan: "Baik Presiden (Trump) dan saya sudah divaksin."

Dia kemudian bertanya kepada Trump. "Apakah Anda telah mendapatkan suntikan booster?" tanya O'Reilly.

"Iya," jawab Trump, yang langsung disambut oleh cemoohan penonton yang juga pendukungnya yang hadir dalam acara tersebut.

Trump lantas sempat bercelatuk untuk meredakan cemoohan yang hendak disampaikan para penontonnya.

"Jangan, jangan, jangan, jangan, jangan," ucap Trump.

"Itu tidak apa-apa, itu kelompok yang sangat kecil di sana," imbuhnya.

Dalam video lebih panjang yang di posting oleh situs O'Reilly, Trump terlihat sempat memperingatkan para pendukungnya bahwa mereka sama saja menguntungkan orang lain dengan mengabaikan vaksin.

"Lihat, kita melakukan sesuatu yang bersejarah, kita telah menyelamatkan puluhan juta nyawa di seluruh dunia. Kita, bersama-sama, kita semua, bukan saya," ucap Trump dalam video tersebut, sesaat sebelum dia dicemooh penonton.

Trump menambahkan bahwa COVID-19 akan 'menghancurkan negara ini jauh daripada sekarang' jika vaksin tidak dikembangkan. "Terima pujiannya. Terima pujiannya. Itu bagus. Apa yang kita lakukan itu bersejarah. Jangan biarkan mereka mengambilnya. Jangan mengambilnya dari diri kita sendiri," sebutnya.

"Anda bermain di tangan mereka ketika Anda seperti, 'Oh, vaksin'. Jika Anda tidak mau menerimanya, Anda tidak seharusnya dipaksa menerimanya. Tidak ada mandat. Tapi terima pujiannya, karena kita menyelamatkan puluhan juta nyawa. Terima pujiannya. Jangan biarkan mereka mengambilnya," imbuh Trump.

Simak selengkapnya pujian Biden untuk Trump.