International Updates

Warga Israel Dapat Dosis ke-4 Vaksin Corona, Banjir Malaysia Tewaskan 27 Orang

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 18:42 WIB
Israelis walk in a market in Tel Aviv, Israel, Sunday, April 18, 2021. Israel has lifted a public mask mandate and fully reopened its education system in the latest easing of coronavirus restrictions following its mass vaccination drive. (AP Photo/Sebastian Scheiner)
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di Israel (dok. AP/Sebastian Scheiner)
Jakarta -

Setiap warga Israel berusia 60 tahun ke atas dan para tenaga kesehatan (nakes) akan mendapatkan dosis keempat vaksin virus Corona (COVID-19). Korban tewas akibat banjir parah di Malaysia bertambah menjadi 27 orang.

Pemberian dosis keempat vaksin Corona itu dimaksudkan untuk menangkal penyebaran varian Omicron di Israel dan didasarkan atas rekomendasi panel para pakar Israel.

Sementara jumlah korban tewas akibat banjir di Malaysia diperkirakan masih bisa bertambah dengan banyaknya laporan orang hilang.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (22/12/2021):

- Nakes-Warga 60 Tahun ke Atas di Israel Diberi Dosis ke-4 Vaksin Corona

Perdana Menteri (PM) Israel, Naftali Bennett, mengumumkan bahwa setiap warga Israel yang berusia 60 tahun ke atas akan mendapatkan dosis keempat vaksin virus Corona (COVID-19). Para tenaga kesehatan (nakes) juga akan mendapatkan dosis keempat yang dimaksudkan untuk menangkal penyebaran varian Omicron.

Seperti dilansir AFP, Rabu (22/12/2021), keputusan itu disampaikan PM Bennett saat Israel tengah berjuang mengatasi penyebaran cepat varian Omicron. Otoritas Israel sebelumnya memberlakukan pembatasan perjalanan dan pembatasan lainnya sembari menghindari lockdown domestik.

Pemberian dosis keempat, menurut PM Bennett, diputuskan atas rekomendasi panel para pakar Israel.

- Gegara 1 Kasus Corona, Kota di China Larang Semua Warga Keluar Rumah

Satu kasus baru virus Corona (COVID-19) terdeteksi di kota Dongxing, China, yang terletak di dekat perbatasan dengan Vietnam. Namun dampaknya dirasakan seluruh warga kota Dongxing, yang diperintahkan tetap berada di rumah, transportasi umum dihentikan operasionalnya dan beberapa sekolah ditutup sementara.

Tidak hanya itu, izin masuk untuk para pelancong maupun muatan kargo di pelabuhan setempat juga ditangguhkan sementara. Demikian seperti dilansir Reuters, Rabu (22/12/2021).

Otoritas China tengah meningkatkan kewaspadaan di sepanjang perbatasan dan di pelabuhan-pelabuhan demi mencegah masuknya Corona dari sumber-sumber penularan di luar negeri.