ADVERTISEMENT

Kebakaran Klinik Jepang Tewaskan 27 Orang, Dugaan Kesengajaan Diselidiki

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 16:56 WIB
Firefighters stand on a floor at a building where a fire broke out in Osaka, western Japan Friday, Dec. 17, 2021. Japans NHK says a fire broke out in the building and dozens of people were feared dead. (Kyodo News via AP)
Petugas pemadam saat memadamkan kebakaran sebuah klinik psikiatri di Osaka, Jepang (Kyodo News via AP)
Osaka -

Kepolisian Jepang tengah menyelidiki dugaan kesengajaan dalam kebakaran yang menghanguskan sebuah klinik psikiatri di Osaka. Sedikitnya 27 orang tewas dalam kebakaran itu.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (17/12/2021), kepolisian setempat tengah menyelidiki insiden yang terjadi pada Jumat (17/12) waktu setempat itu sebagai dugaan aksi pembakaran.

Seorang pejabat Departemen Pemadam Kebakaran Osaka, yang enggan disebut namanya, menuturkan kepada Reuters bahwa 27 orang ditetapkan dalam kondisi 'cardio-respiratory arrest' -- istilah yang biasa dipakai otoritas Jepang untuk mengindikasikan bahwa korban sudah meninggal, namun kematiannya belum disertifikasi secara resmi.

Menurut pejabat departemen pemadam kebakaran Osaka, Akira Kishimoto, 27 orang itu ditemukan dalam keadaan gagal jantung dan paru-paru. Satu orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka.

Laporan media Jepang, Kyodo News, menyebut 19 orang dikonfirmasi meninggal dalam kebakaran itu.

Disebutkan juga oleh Kyodo News bahwa kepolisian setempat tengah menyelidiki laporan yang menyebut seorang pria memicu kebakaran di gedung delapan lantai yang digunakan untuk perkantoran itu.

Televisi nasional Jepang, NHK, melaporkan bahwa kebakaran terjadi sesaat usai klinik tersebut buka pukul 10.00 waktu setempat. Beruntung, kebakaran berhasil dipadamkan dalam waktu 30 menit.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT