27 Orang Dikhawatirkan Tewas dalam Kebakaran Gedung di Osaka

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 11:26 WIB
Firefighters stand on a floor at a building where a fire broke out in Osaka, western Japan Friday, Dec. 17, 2021. Japans NHK says a fire broke out in the building and dozens of people were feared dead. (Kyodo News via AP)
Petugas pemadam saat memadamkan kebakaran sebuah gedung di Jepang (Kyodo News via AP)
Osaka -

Sedikitnya 27 orang dikhawatirkan tewas setelah insiden kebakaran menghanguskan sebuah gedung di Osaka, Jepang. Penyebab kebakaran ini masih diselidiki.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Jumat (17/12/2021), kebakaran dilaporkan mulai terjadi di lantai empat atau lima sebuah gedung delapan lantai yang berada di area perbelanjaan dan hiburan Kitashinci, dekat stasiun Osaka, pada Jumat (17/12) waktu setempat.

Departemen Pemadam Kebakaran Osaka, seperti dilansir Japan Times, menerima laporan soal kebakaran itu sekitar pukul 10.20 waktu setempat dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.45 waktu setempat. Ini berarti kebakaran berhasil dipadamkan dalam waktu kurang dari setengah jam.

Gedung yang dilanda kebakaran, menurut televisi nasional Jepang, NHK, menjadi lokasi sebuah klinik penyakit dalam, sebuah sekolah bahasa Inggris dan beberapa pusat bisnis lainnya.

Tayangan NHK menunjukkan puluhan kendaraan pemadam dan mobil polisi memenuhi jalanan dekat gedung yang terbakar. Secara keseluruhan, ada 70 kendaraan pemadam yang dikerahkan ke lokasi.

Dituturkan pejabat departemen pemadam kebakaran Osaka, Akira Kishimoto, bahwa 28 orang terdampak kebakaran ini. Sekitar 27 orang di antaranya ditemukan petugas penyelamat dalam keadaan gagal jantung dan paru-paru.

Otoritas setempat menetapkan 27 orang itu dalam kondisi 'cardio-respiratory arrest' -- istilah yang biasa dipakai otoritas Jepang untuk mengindikasikan bahwa korban sudah meninggal, namun kematiannya belum disertifikasi secara resmi.

Simak juga 'Jepang Gencarkan Vaksinasi Dosis Booster untuk Nakes':

[Gambas:Video 20detik]