Round Up

Indonesia Tambah Daftar Negara Tangguhkan Perjalanan dari Afrika

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 20:11 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Indonesia Tambah Daftar Negara Tangguhkan Perjalanan dari Afrika -- ilustrasi (Foto: Getty Images/loops7)

Thailand

Thailand melarang masuk para pelancong dari delapan negara Afrika selatan, di mana varian baru COVID-19 telah muncul.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Departemen Pengendalian Penyakit Thailand mengatakan orang-orang dari Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe akan dilarang masuk mulai Desember. Mulai hari Sabtu ini mereka tidak akan dapat mendaftar untuk memasuki Thailand.

"Mereka yang telah disetujui untuk memasuki negara dari delapan negara ini akan diperintahkan untuk menjalani karantina wajib tambahan selama 14 hari, mulai sekarang," kata Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, Opas Karnkawinpong kepada wartawan.


Sri Lanka

Sri Lanka mengatakan bahwa pihaknya melarang pelancong dari Afrika Selatan dan 5 negara lainnya. Hal itu dilakukan untuk mencegah masuknya virus Corona varian Omicron.
Dilansir Reuters, Sabtu (27/11/2021) para pelancong yang dilarang masuk itu berasal dari Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho dan Eswatini, kata Kolombo. Larangan itu akan diberlakukan mulai Senin waktu setempat.

Sementara itu, wisatawan yang datang dari 6 negara itu selama 2 hari terakhir akan dilakukan karantina. Mereka akan menjalani karantina selama 14 hari.

Israel

Berbeda dengan negara lain yang hanya melarang pelancong dari Afrika, Israel melarang seluruh WNA ke negaranya. Larangan ini berlaku selama 14 hari kedepan.

Diharapkan dalam 14 hari Israel akan mendapat lebih banyak informasi terkait efektifitas vaksin COVID-19 terhadap Omicron.

"Orang Israel yang memasuki negara ini, termasuk mereka yang divaksinasi, akan diminta untuk dikarantina," kata Bennett.

Larangan masuk akan berlaku mulai tengah malam antara hari Minggu dan Senin mendatang. Aturan ini diberlakukan setelah sebelumnya Israel melarang orang asing dari sebagian besar negara bagian Afrika masuk negaranya pada hari Jumat (26/11) lalu.

Arab Saudi

Arab Saudi menangguhkan sementara penerbangan ke dan dari tujuh negara Afrika imbas penyebaran varian baru Omicron. Dengan demikian ada total 14 negara Afrika yang ditangguhkan penerbangannya.

Seperti dilansir Reuters dan Arab News, Minggu (28/11/2021) pada Minggu (28/11), kantor berita negara Saudi, SPA melaporkan bahwa pemerintah Arab Saudi menangguhkan penerbangan dari Malawi, Zambia, Madagaskar, Angola, Seychelles, Mauritius dan Komoro.

Masyarakat yang datang dari salah satu negara yang masuk 'daftar hitam' dalam 14 hari terakhir akan ditolak memasuki Arab Saudi.


(izt/gbr)