Austria Laporkan Satu Kasus Terindikasi Varian Omicron, Pasien Tanpa Gejala

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 18:31 WIB
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept
Austria Laporkan Satu Kasus Terindikasi Varian Omicron, Pasien Tanpa Gejala -- ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7)
Jakarta -

Austria baru saja mendeteksi dugaan kasus pertama varian baru Omicron di negara bagian Tirol. Pihak berwenang menyebut kasus itu terkait dengan perjalanan dari Afrika Selatan dan masih membutuhkan pengujian lebih lanjut untuk benar-benar memastikan varian yang menginfeksi pelancong tersebut.

"Seorang pelancong yang kembali dari Afrika Selatan minggu lalu dinyatakan positif COVID-19 dengan indikasi varian baru, meskipun konfirmasi memerlukan pengurutan lebih lanjut dalam beberapa hari mendatang," kata otoritas Tirol dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters, Minggu (28/11/2021).

Dalam pengujian awal yang dilakukan Institute of Virology di Innsbruck, dicurigai hasil tes positif dari seseorang di distrik Schwaz, Tirol, dapat berhubungan dengan kasus Omicron.

Saat ini sampel tes masih akan diuji lebih lanjut dengan dikirimkan ke Badan Kesehatan dan Keamanan Makanan Austria (AGES). Diperkirakan hasil uji akan selesai dalam beberapa hari kedepan.

"Hasil dari AGES diharapkan dalam beberapa hari mendatang," kata Elmar Rizzoli, Kepala Staf Operasi Corona Tirol, dalam sebuah pernyataan.

"Orang yang terkena dampak, menurut pernyataannya sendiri dan pengetahuan saat ini, tinggal hampir secara eksklusif di rumah sejak kembali dari perjalanan tiga hari lalu dan saat ini tidak menunjukkan gejala." imbuhnya.

Sebagai bentuk pencegahan varian baru Omicron, Austria saat ini melakukan tes kepada siapapun yang datang dari negara-negara di Afrika selama 14 hari terakhir.

Sebelumnya, pada Senin (22/11) lalu, Austria baru saja mengumumkan lockdown nasional keempatnya. Hal ini menjadikan Austria sebagai negara di Eropa Barat yang pertama kali melakukan lockdown lagi di tengah lonjakan kasus COVID di kawasan tersebut.

Selain Austria, beberapa negara Eropa lain juga deteksi varian Omicron. Beberapa di antaranya seperti Italia hingga Jerman.

Simak video 'Epidemiolog Jelaskan Penyebab Munculnya Varian Omicron di Afrika':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/idn)