43 Tahun Dibui Meski Tak Bersalah, Napi AS Akhirnya Bebas!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 08:31 WIB
Ilustrasi Penjara
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/bortn76)
Jakarta -

Seorang hakim di negara bagian Missouri, Amerika Serikat memerintahkan pembebasan segera seorang pria kulit hitam yang telah menghabiskan 43 tahun di penjara karena tiga pembunuhan yang tidak dia lakukan.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (24/11/2021), Kevin Strickland (62) divonis bersalah oleh dewan juri yang semuanya berkulit putih pada tahun 1979 atas tiga pembunuhan di Kansas City, Missouri, dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Selama puluhan tahun, Strickland dengan gigih menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah. Sampai akhirnya, Kantor Kejaksaan Jackson County setuju awal tahun ini bahwa dia telah keliru dihukum.

Setelah meninjau kasus tersebut, Hakim James Welsh pada hari Selasa (23/11) waktu setempat memerintahkan pembebasan segera Strickland.

Pembebasan Strickland setelah 43 tahun berada di balik jeruji besi menjadikannya salah satu narapidana terlama di Amerika Serikat yang dihukum secara keliru, menurut National Registry of Exonerations yang dikelola oleh beberapa sekolah hukum AS.

Strickland divonis setelah persidangan kedua - yang pertama berakhir dengan pembatalan persidangan - atas pembunuhan 25 April 1978 terhadap tiga orang yang diikat dan ditembak.

Satu-satunya yang selamat, Cynthia Douglas, mengidentifikasi Strickland sebagai salah satu dari empat pria yang melakukan penembakan, tetapi dia kemudian menarik kembali kesaksiannya.

Lihat juga video '68 Napi Tewas dalam Kerusuhan di Penjara Ekuador':

[Gambas:Video 20detik]