ADVERTISEMENT

Bertemu Secara Virtual, Xi Jinping Sebut Joe Biden 'Teman Lama'

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 10:49 WIB
President Joe Biden meets virtually with Chinese President Xi Jinping from the Roosevelt Room of the White House in Washington, Monday, Nov. 15, 2021. (AP Photo/Susan Walsh)
Pertemuan virtual Biden dan Xi Jinping (AP Photo/Susan Walsh)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menggelar pertemuan virtual dengan Presiden China, Xi Jinping. Pertemuan virtual itu menyerukan adanya komunikasi lebih baik antara kedua negara dan apa yang disebut Biden sebagai 'pagar pembatas' untuk menghindari konflik.

Seperti dilansir AFP, Selasa (16/11/2021), berbicara dari Gedung Putih secara virtual kepada Xi, Biden menekankan perlunya memperbaiki hubungan kedua negara yang diguncang serentetan pertikaian, termasuk soal perdagangan dan Taiwan.

"Tampaknya bagi saya bahwa tanggung jawab kita sebagai pemimpin China dan Amerika Serikat untuk memastikan bahwa kompetisi antara negara kita tidak mengarah ke konflik, baik disengaja maupun tidak disengaja. Hanya kompetisi sederhana, yang jujur," ujar Biden.

Dia menambahkan bahwa dirinya dan Xi akan melakukan pembicaraan yang 'terus terang'.

Xi yang berbicara secara virtual dari Beijing, menyebut Biden sebagai 'teman lama saya'. Dia menyerukan agar kedua negara yang saling bersaing harus bekerja lebih erat.

"Kita menghadapi banyak tantangan bersama. Sebagai dua ekonomi terbesar dunia dan anggota permanent Dewan Keamanan PBB, China dan Amerika Serikat perlu meningkatkan komunikasi dan kerja sama," ucap Xi yang berbicara melalui penerjemah dalam sambutan publik singkat, sebelum pertemuan dirinya dan Biden dilanjutkan secara tertutup.

Biden dan Xi telah berbicara via telepon dua kali sejak Biden menjabat pada Januari lalu. Namun Xi menolak untuk bepergian ke luar negeri dari pandemi virus Corona (COVID-19), sehingga pertemuan virtual atau online via video menjadi satu-satunya opsi selain pertemuan langsung.

Simak juga Video: Joe Biden Ejek China Klaim Pemimpin Dunia Tapi Tak Datang KTT COP26

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT