International Updates

Taliban Gempur ISIS, 3 Orang Ditangkap Usai Ledakan di Liverpool

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 18:52 WIB
Pasukan Taliban memperketat pengamanan di kawasan Kabul, Afghanistan, usai dua ledakan mengguncang RS militer di Kabul. Ledakan itu dilaporkan tewaskan 19 orang
kelompok Taliban (Foto: AP Photo/Ahmad Halabisaz)
Jakarta -

Taliban telah melancarkan operasi penyerangan terhadap tempat-tempat persembunyian kelompok ISIS di Afghanistan selatan. Ini dilakukan menyusul peningkatan serangan berdarah oleh kelompok itu dalam beberapa pekan terakhir.

Kepala polisi Kandahar, Abdul Ghafar Mohammadi mengatakan kepada kantor berita AFP, Senin (15/11/2021), operasi melawan ISIS-Khorasan (ISIS-K) -- cabang lokal dari kelompok ISIS -- dimulai sekitar Minggu (14/11) tengah malam di setidaknya empat distrik di provinsi Kandahar dan berlanjut hingga Senin (15/11) pagi waktu setempat.

"Sejauh ini, empat petempur Daesh (ISIS) telah tewas dan sepuluh ditangkap ... salah satu dari mereka meledakkan dirinya di dalam sebuah rumah," kata Mohammadi.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (15/11/2021):

- Paus Fransiskus Berterima Kasih ke Pers yang Bongkar Skandal Seks Pastor

Paus Fransiskus berterima kasih kepada para wartawan karena membantu membongkar skandal pelecehan seksual pastor yang mengguncang Gereja Katolik Roma, yang awal-awalnya berusaha ditutupi.

Seperti dilansir Reuters, Senin (15/11/2021), Paus Fransiskus memuji apa yang disebutnya sebagai 'misi' jurnalisme. Dikatakannya, penting bagi para wartawan untuk keluar dari newsroom mereka, dan menemukan apa yang terjadi di dunia luar untuk menangkal informasi keliru yang seringkali ditemukan secara online.

"Terima kasih atas apa yang Anda katakan kepada kami soal apa yang salah dengan Gereja, untuk membantu kami untuk tidak diabaikan, dan untuk suara yang Anda berikan kepada para korban pelecehan," ucap Paus Fransiskus pada Sabtu (13/10) waktu setempat.

- Austria Mulai Terapkan Lockdown untuk Warga Tak Divaksin

Lockdown akan mulai berlaku secara nasional di Austria pada Senin (15/11) waktu setempat. Lockdown nasional ini berlaku bagi orang-orang yang tidak divaksinasi virus Corona (COVID-19) atau baru saja sembuh dari Corona.

Seperti dilansir AFP, Senin (15/11/2021), lockdown di Austria ini diterapkan saat negara-negara Uni Eropa tengah menghadapi lonjakan kasus Corona di wilayah masing-masing.

Sekitar 65 persen dari total 9 juta jiwa populasi Austria telah divaksinasi, namun itu masih berada di bawah level rata-rata vaksinasi Uni Eropa yang ada pada angka 67 persen. Tambahan kasus harian Corona juga mencetak rekor sepanjang pekan ini.

"Situasinya serius... Kita tidak mengambil langkah ini dengan senang hati, tapi sangat disayangkan ini diperlukan," jelas Kanselir Austria, Alexander Schallenberg, kepada wartawan.

- ISIS-K Dalangi Serangan Bom yang Tewaskan Jurnalis Afghanistan

Kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom terhadap sebuah minibus di Kabul, Afghanistan, yang menewaskan seorang jurnalis lokal dan melukai empat orang lainnya.

Simak video 'Ledakan Menelan Korban di Depan Rumah Sakit Liverpool':

[Gambas:Video 20detik]