Austria Mulai Terapkan Lockdown untuk Warga Tak Divaksin

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 13:34 WIB
Wina -

Lockdown akan mulai berlaku secara nasional di Austria pada Senin (15/11) waktu setempat. Lockdown nasional ini berlaku bagi orang-orang yang tidak divaksinasi virus Corona (COVID-19) atau baru saja sembuh dari Corona.

Seperti dilansir AFP, Senin (15/11/2021), lockdown di Austria ini diterapkan saat negara-negara Uni Eropa tengah menghadapi lonjakan kasus Corona di wilayah masing-masing.

Sekitar 65 persen dari total 9 juta jiwa populasi Austria telah divaksinasi, namun itu masih berada di bawah level rata-rata vaksinasi Uni Eropa yang ada pada angka 67 persen. Tambahan kasus harian Corona juga mencetak rekor sepanjang pekan ini.

"Situasinya serius... Kita tidak mengambil langkah ini dengan senang hati, tapi sangat disayangkan ini diperlukan," jelas Kanselir Austria, Alexander Schallenberg, kepada wartawan.

Lockdown ini berarti orang-orang yang berusia 12 tahun ke atas yang belum divaksinasi atau yang baru saja-saja sembuh dari Corona, tidak akan diizinkan meninggalkan rumah, kecuali untuk alasan-alasan seperti membeli pasokan esensial, olahraga dan mencari perawatan medis.

Penerapan lockdown nasional ini juga akan melibatkan pemeriksaan di titik-titik tertentu secara acak selama 10 hari ke depan. Menteri Kesehatan Wolfgang Mueckstein menambahkan bahwa penerapan lockdown ini kemudian akan dikaji oleh pemerintah.

Dalam pernyataan terpisah, Schallenberg dan Mueckstein kembali menyerukan kepada warga Austria untuk segera divaksinasi Corona.