Round-up

Geger Anggota Al-Qaeda Pengebom JW Marriott Jakarta Diperkosa CIA

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 20:04 WIB
Saya diperkosa staf medis CIA: Kesaksian Majid Khan, tawanan yang ditahan di Guantanamo selama hampir dua dekade
Ilustrasi penjara Guantanamo (BBC World)
Washington DC -

Seorang anggota kelompok teroris Al-Qaeda mengalami kekerasan saat dipenjara di Guantanamo. Anggota Al-Qaeda itu diperkosa. Ternyata, dia pernah melakukan kejahatan di Indonesia.

BBC Indonesia memberitakan pada Rabu (3/11/2021), nama anggota Al-Qaeda itu adalah Majid Khan. Dia sempat ditahan selama hampir 20 tahun di pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Guantanamo, Kuba.

"Saya diperkosa oleh staf medis CIA," kata Majid Khan.

Guantanamo adalah simbol 'perang melawan teror'. Guantanamo adalah penjara dengan pengamanan maksimum, didirikan untuk menahan tersangka berkewarganegaraan asing setelah serangan teroris di New York dan Washington pada 11 September 2011, demikian dilansir Deutsche Welle (DW).

Eksistensi Guantanamo dimulai pada 11 Januari 2002, dengan pemindahan 20 tahanan yang dicurigai sebagai anggota Taliban dan kelompok teroris al-Qaeda dari Kandahar, Afghanistan, ke fasilitas penahanan AS di Teluk Guantanamo. Penjara ini dengan cepat berkembang menjadi mimpi buruk politik dan kemanusiaan, keberadaannya pun terus menghantui masa kerja presiden-presiden AS pada pemerintahan berikutnya.

Lokasi penjara yang dibentuk pada era George W Bush ini memang terpencil, seakan tidak terjangkau pengadilan AS. Tahanan dapat ditahan tanpa batas waktu. Suara pelanggaran HAM terhadap para tahanan di sini terdengar menembus tembok penjara.

Berikut cerita soal Majid Khan yang ditahan di Guantanamo:

Simak juga 'Kemunculan Video Pimpinan Al Qaeda Bicara soal 9/11':

[Gambas:Video 20detik]