Round-Up

Ragam Senjata Dipamerkan Taliban Ternyata Rampasan Militer Paman Sam

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 23:46 WIB
A helicopter displaying a Taliban flag flies above Taliban supporters gathered to celebrate the US withdrawal of all its troops out of Afghanistan, in Kandahar on September 1, 2021 following the Talibans military takeover of the country. (Photo by JAVED TANVEER / AFP)
Foto: AFP/JAVED TANVEER

Helikopter Black Hawk mengudara di atas konvoi tersebut. Pihak yang bisa menerbangkannya dipastikan sebagai bekas tentara Afghanistan. Milisi biasa tidak bisa menerbangkan helikopter itu.

Sementara itu di Lapangan Kriket Kandahar, ratusan orang berkumpul untuk mendengarkan pidato yang memuji Taliban setelah kelompok itu sukses mengambil alih kekuasaan bulan lalu. Para tokoh tetua masyarakat setempat duduk di area istirahat pemain, sedangkan yang lainnya duduk di atas rumput.

Para petempur bersenjata yang memakai seragam militer tampa berdiri di depan kerumunan warga.

"Musuh bersama kita yang bersumpah membawa kemakmuran ekonomi di tanah kita telah gagal melakukannya. Mereka mengklaim membawa sistem yang beradab. Pergi dan lihatlah di bandara di mana semua pesawat ditinggalkan begitu saja," ucap seorang perekrut Taliban bernama Saqeb.


(dnu/lir)