Corona di RI Mengepung Bikin Saudi Minta Warganya Pulang Kampung

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 23:08 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Ilustrasi COVID (Foto: Getty Images/loops7)

Peringatan perjalanan itu dirilis saat Indonesia ditetapkan sebagai episenter baru Corona di kawasan Asia. Namun diketahui juga bahwa Indonesia sudah masuk dalam daftar merah otoritas Saudi terkait Corona.

Kementerian Dalam Negeri Saudi menyatakan bahwa larangan perjalanan itu didasarkan pada kepedulian pemerintah terhadap keselamatan warga Saudi di Indonesia saat terjadi lonjakan kasus Corona.

Selain Arab Saudi, negara-negara lain seperti Jepang dan Taiwan juga sudah menarik warga negaranya yang berada di Indonesia. Sebanyak 90 pebisnis dan ekspatriat dari Taiwan telah memesan penerbangan untuk kembali ke negaranya. Sedangkan Jepang sudah menyatakan siap membantu warganya kembali ke Jepang.

Seperti diberitakan media Jepang, Nikkei Asia, Menteri Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mendukung penerbangan khusus bagi warganya yang ingin kembali ke Jepang.

"Dari sudut pandang melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan... sehingga orang-orang Jepang yang ingin kembali dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin, dan sebanyak mungkin orang," katanya kepada para wartawan.


(dwia/dwia)