Arab Saudi Pulangkan 200 Warganya dari Indonesia Gegara Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 12:58 WIB
A Saudi Arabian flag flies on Saudi Arabias consulate in Istanbul on October 4, 2018. - Jamal Khashoggi, a veteran Saudi journalist who has been critical towards the Saudi government has gone missing after visiting the kingdoms consulate in Istanbul on October 2, 2018, the Washington Post reported. (Photo by OZAN KOSE / AFP)
Ilustrasi (dok. AFP/OZAN KOSE)
Jakarta -

Arab Saudi akan memulangkan 200 warganya yang disebut terjebak di Indonesia saat pandemi virus Corona (COVID-19) merajalela. Dua orang di antaranya dilaporkan terinfeksi Corona.

Seperti dilansir Gulfnews.com, Senin (26/7/2021), Duta Besar Saudi untuk Indonesia, Essam Abed Al Thaqafi, menuturkan bahwa 200 warga Saudi akan dipulangkan dari Indonesia dengan dua penerbangan pada 26 Juli dan 1 Agustus mendatang.

Dubes Essam menyebut dua orang di antaranya terinfeksi Corona varian Delta.

"Ada dua warga yang dalam kondisi kritis setelah terinfeksi varian COVID-19," sebutnya.

Pada 22 Juli lalu, otoritas Saudi memperingatkan warganya untuk tidak bepergian ke Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung, saat Indonesia berjuang menghadapi penyebaran Corona varian Delta.

Peringatan perjalanan itu dirilis saat Indonesia ditetapkan sebagai episenter baru Corona di kawasan Asia. Namun diketahui juga bahwa Indonesia sudah masuk dalam daftar merah otoritas Saudi terkait Corona.

Kementerian Dalam Negeri Saudi menyatakan bahwa larangan perjalanan itu didasarkan pada kepedulian pemerintah terhadap keselamatan warga Saudi di Indonesia saat terjadi lonjakan kasus Corona.

Simak juga 'Berkurang Lagi, RSDC Wisma Atlet Kini Rawat 3.929 Pasien':

[Gambas:Video 20detik]