International Updates

Bolsonaro Diselidiki Atas Korupsi Vaksin, Warga Taiwan Wisata Vaksin ke Guam

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 18:58 WIB
Brazilian President Jair Bolsonaro told a journalist to shut up during a public appearance on June 21, 2021 (EVARISTO SA AFP/File)
Jair Bolsonaro (EVARISTO SA AFP/File)
Jakarta -

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, akan diselidiki oleh Jaksa Agung terkait dugaan kelalaian tugas dalam pengadaan vaksin virus Corona (COVID-19). Warga Taiwan ramai-ramai mem-booking wisata vaksin Corona ke Guam yang menawarkan vaksinasi untuk pengunjung asing.

Bolsonaro dianggap gagal mengambil tindakan ketika diberitahu pada Maret lalu soal dugaan penyimpangan dalam negosiasi pengadaan vaksin Corona produksi Bharat Biotech dari India.

Di Taiwan, ratusan warga yang ingin mendapatkan vaksin Corona dilaporkan mem-booking perjalanan wisata ke Guam. Otoritas Guam baru saja mengumumkan program terbaru bernama 'Air V&V' yang merupakan kependekan dari vacation dan vaksinasi, yang bisa diikuti oleh warga negara asing yang berkunjung.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (3/7/2021):

- AS Jatuhkan Sanksi Baru untuk 22 Pejabat Militer Myanmar dan Keluarganya

Otoritas Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi baru terhadap 22 pejabat militer dan menteri Myanmar terkait kudeta militer pada Februari lalu dan serangan terhadap gerakan pro-demokrasi di negara itu. Keluarga dari para pejabat Myanmar juga ikut dikenai sanksi AS.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (3/7/2021), Departemen Keuangan dan Perdagangan AS mengumumkan sanksi terbaru pada Jumat (2/7) waktu setempat sebagai bagian dari respons berkelanjutan AS terhadap penggulingan pemerintahan Aung San Suu Kyi.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, dalam pernyataannya menyebut sanksi-sanksi terbaru itu dijatuhkan 'sebagai respons atas kampanye kekerasan brutal yang dilakukan oleh rezim militer Burma dan untuk terus memberlakukan hukuman terkait kudeta militer'.

- Kota-kota di Brasil Dilaporkan Pakai Puluhan Ribu Vaksin Corona Kedaluwarsa

Sejumlah kota di Brasil dilaporkan menyuntikkan puluhan ribu vaksin virus Corona (COVID-19) yang sudah kedaluwarsa. Laporan yang disampaikan media lokal itu dibantah mentah-mentah oleh otoritas setempat.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (3/7/2021), laporan media lokal menyebutkan bahwa data Kementerian Kesehatan Brasil menunjukkan otoritas sejumlah kota telah menyuntikkan sedikitnya 26.000 dosis vaksin Corona buatan AstraZeneca yang sudah kedaluwarsa.

Media lokal Folha de S.Paulo secara spesifik menyebut kota Maringa sebagai wilayah yang menggunakan vaksin kedaluwarsa terbanyak, lebih dari 3.500 dosis.