Round-Up

Badai Corona di India Bikin Dokter Frustrasi hingga Bunuh Diri

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 03:16 WIB
Penyebaran virus Corona di India terus mengganas. Bahkan pada Sabtu (1/5) ini, India mencatat lebih dari 400.000 kasus baru infeksi Corona dalam waktu 24 jam terakhir.
Kremasi pasien Corona di India (Foto: AP Photo/Amit Sharma)

Banyak keluarga yang harus berjuang sendiri untuk mendapatkan obat-obatan dan oksigen untuk pasien COVID-19.

Bahkan pada hari Sabtu (1/5) lalu, India untuk pertama kalinya mencatat lebih dari 400.000 kasus baru infeksi Corona dalam waktu 24 jam terakhir. Ini merupakan rekor baru di India, dan India menjadi negara pertama di dunia yang mencatat jumlah kasus harian lebih dari 400 ribu kasus.

Sejauh ini, total jumlah kasus infeksi Corona di negeri itu telah mencapai sekitar 19,56 juta kasus, dengan jumlah kematian lebih dari 215 ribu.


Pasien Antre Tabung Oksigen Sampai 12 Jam di India


Akibat badai Corona yang belum mereda ini, banyak rumah sakit di Delhi mulai mengalami kekurangan stok oksigen. Krisis itu, akibat terus bertambahnya penderita Covid India, belum juga menunjukkan tanda-tanda akan mereda.

Sedikitnya 12 pasien, termasuk seorang dokter, meninggal ketika rumah sakit terkemuka di kota itu kehabisan oksigen pada hari Sabtu (01/05). Di luar rumah sakit, keluarga pasien yang tidak bisa mendapatkan tempat tidur di rumah sakit berjuang mati-matian untuk mendapatkan silinder oksigen portabel - kadang-kadang harus mengantre hingga 12 jam.

Beberapa rumah sakit besar di Delhi mengandalkan suplai oksigen harian tetapi mereka tidak mendapatkan jumlah yang cukup untuk cadangan jika terjadi keadaan darurat.

Halaman

(lir/lir)