Malaysia Laporkan Kasus Pertama Varian Virus Corona Asal India

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 15:37 WIB
Coronavirus Outbreak and Public Health Risk Disease, Lockdown and Quarantine, State Of Emergency Concepts
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/goc)
Jakarta -

Malaysia telah mendeteksi kasus pertama dari varian virus Corona yang sangat menular yang pertama kali diidentifikasi di India.

Hal ini diumumkan Menteri Kesehatan Malaysia, Adham Baba beberapa hari setelah pemerintah negeri jiran itu memberlakukan larangan penerbangan dari India.

Seperti dilansir kantor berita Reuters dan Channel News Asia, Senin (3/5/2021), Adham mengatakan, varian tersebut, bernama B.1.617, terdeteksi pada warga negara India yang diperiksa di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendeskripsikannya sebagai varian yang menunjukkan kemungkinan mutasi yang akan membuat virus Corona lebih mudah menular, menyebabkan penyakit yang lebih parah.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang ... Semua upaya kesehatan masyarakat akan terus dilakukan guna memutus mata rantai penularan dan menjamin keamanan masyarakat," kata Adham.

Dia tidak mengatakan kapan varian itu terdeteksi.

Malaysia, yang menghadapi lonjakan kasus COVID-19, pada Rabu (28/4) lalu melarang penerbangan dari dan ke India dan melarang para pelancong dari tujuan India mana pun memasuki negara itu untuk mencegah penyebaran varian baru.

Lihat juga Video "Menkes: Ditemukan 2 Kasus Mutasi Corona India di Jakarta":

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2