International Updates

AS-Inggris Kirim Bantuan Medis ke India, Warga Asia Diinjak Kepalanya di AS

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 26 Apr 2021 18:30 WIB
Virus Corona di India terus mengganas. Pemerintah India pada Kamis (22/4) ini melaporkan lebih dari 300.000 kasus infeksi virus Corona selama 24 jam terakhir.
Ilustrasi -- Rumah sakit di India kewalahan menangani aliran pasien Corona (dok. AP Photo)
Jakarta -

Bantuan medis dikirimkan sejumlah negara mulai dari Amerika Serikat (AS) hingga Inggris ke India yang tengah menghadapi lonjakan kasus virus Corona (COVID-19). Seorang warga lanjut usia (lansia) keturunan Asia di New York, AS, menjadi korban penyerangan brutal.

Lonjakan kasus Corona membuat banyak rumah sakit di India kekurangan tempat tidur untuk pasien, pasokan oksigen dan obat-obatan. Bantuan media mencakup material untuk membuat vaksin, perlengkapan terapi, tes Corona, hingga ventilator dikirimkan AS, Inggris dan Jerman untuk membantu otoritas India.

Sementara itu, rekaman CCTV yang dirilis Kepolisian New York menunjukkan seorang warga lansia keturunan Asia didorong hingga tersungkur dan ditendang serta diinjak berulang kali pada bagian kepalanya oleh seorang pelaku tak dikenal. Insiden ini terjadi saat marak serangan anti-Asia di berbagai wilayah AS.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (26/4/2021):

- Corona di India Menggila, AS hingga Inggris Kirim Bantuan Medis

Amerika Serikat (AS), Inggris dan Jerman akan mengirimkan pasokan bantuan medis kepada India yang tengah berjuang menghadapi lonjakan drastis kasus virus Corona (COVID-19).

India kembali mencetak rekor dengan melaporkan 349.691 kasus Corona dalam sehari pada Minggu (25/4) waktu setempat, dengan 2.767 kematian. Banyak rumah sakit di India yang kekurangan tempat tidur untuk pasien, pasokan oksigen dan obat-obatan.

Seperti dilansir AFP, Senin (26/4/2021), Presiden Joe Biden menyatakan AS 'bertekad untuk membantu India pada saat dibutuhkan'. Gedung Putih menyatakan AS akan 'segera' menyalurkan berbagai pasokan, mulai dari material untuk membuat vaksin, hingga perlengkapan terapi, tes Corona, ventilator dan alat pelindung diri (APD), ke wilayah India.

- Lansia Keturunan Asia Diserang di AS, Kepalanya Diinjak-injak

Tindak kekerasan anti-Asia kembali terjadi di Amerika Serikat (AS). Seorang pria lanjut usia (lansia) keturunan Asia diserang oleh seorang pria tak dikenal yang berulang kali menendang dan menginjak kepalanya di East Harlem, New York.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (26/4/2021), Departemen Kepolisian New York (NYPD) menyebut korban yang berusia 61 tahun sedang mengumpulkan kaleng bekas saat tiba-tiba diserang dari belakang. Korban didorong hingga tersungkur dan ditendang kepalanya berulang kali.

Serangan brutal ini terjadi pada Jumat (23/4) lalu, sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Korban dilarikan ke Rumah Sakit Harlem untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. NYPD menyatakan korban kini dalam kondisi kritis namun stabil.

Selanjutnya
Halaman
1 2